News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dieng Culture Festival 2024 akan Dimeriahkan Penerbangan 15 Ribu Lampion di Lapangan Pandawa

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pertunjukan seni tari ditampilkan dalam Dieng Culture Festival

Laporan Wartawan Tribunnews.com Hasiolan EP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Penerbangan puluhan ribu lampion akan memeriahkan festival Dieng Culture Festival (DCF) pada tahun ini.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, menjelaskan, DCF merupakan salah satu agenda tahunan yang paling dinantikan di Indonesia, khususnya bagi para pecinta budaya dan wisata alam.

Festival yang digelar di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, ini menyuguhkan perpaduan unik antara keindahan alam pegunungan, suhu dingin khas dataran tinggi, dan kekayaan budaya masyarakat setempat.

"Tahun ini, DCF 2024 mengusung tema "Back to The Journey" untuk mengajak pengunjung menyusuri perjalanan panjang sejarah dan budaya masyarakat Dieng. Tema ini merefleksikan upaya untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya yang telah diwariskan turun-temurun," katanya dikutip, Selasa (27/8/2024).

Konsep festival dirancang untuk melibatkan masyarakat secara aktif, baik sebagai pelaku maupun penonton.

Baca juga: Apa Itu Embun Upas? Fenomena Muncul di Dieng Jawa Tengah, Video Viral di Medsos

Berbagai kegiatan budaya, seni, dan pertunjukan digelar, mulai dari pertunjukan musik tradisional, tarian, hingga upacara adat. Selain itu, terdapat pula berbagai pameran kerajinan tangan, kuliner khas, dan produk UMKM lokal.

Pada pelaksanaannya, DFC 2024 ikut melibatkan masyarakat lokal dan wisatawan lokal hingga mancanegara untuk melakukan aksi sosial di kawasan Dieng dalam bentuk aksi bersih-bersih, mulai dari jalanan desa, lokasi wisata, hingga kawasan utama gelaran DCF 2024. 

DCF 2024 juga dimeriahkan dengan Pentas Seni Tradisi, dengan penampilan sendratari, Jamasan dan Ruwat Anak Rambut Gembel, Festival Domba Batur, dan Kongkow Budaya.

Acara yang juga menjadi highlight pun digelar dalam rangkaian event ini, yaitu Jazz Atas Awan di Lapangan Pandawa.

Dikta dan Danilla Riyadi menjadi hidden guest star yang tampil di hadapan ribuan pengunjung yang datang. Penonton juga menikmati hiburan yang dihadirkan oleh Novia Bachmid dan Alffy Rev. 

15 Ribu Lampion di Lapangan Pandawa

Bersamaan dengan agenda itu, diadakan pula Festival Lampion di Lapangan Pandawa.

Setidaknya ada 15.000 lampion yang diterbangkan oleh para pengunjung dan pengisi acara yang hadir.

Diadakan untuk yang ke-14 kalinya, DCF 2024 kembali masuk ke dalam satu dari Top 10 Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini