News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kembangkan Kemampuan Komunikasi, Amanah Latih Pemuda Aceh Produksi Podcast 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatihan produksi siniar yang digelar Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pemuda dari berbagai daerah di Aceh mengikuti pelatihan produksi siniar (podcast) yang digelar Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah). 

Mereka juga difasilitasi dengan studio podcast yang profesional di Gedung Amanah. 

“Hari ini kita coba untuk belajar OBS (open broadcaster software), setting kamera, setting lighting dan perkenalan beberapa kamera (dengan teknik switcher),” kata salah satu peserta Thamlicha, melalui keterangan tertulis, Minggu (15/9/2024). 

Pelatihan dilakukan langsung di studio podcast Gedung Amanah, Kawasan Industri Aceh (KIA) Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. 

Fasilitas tersebut berada di lantai dua, Gedung Multifungsi.

Ruang podcast tersebut terbagi dua ruangan, yakni studio untuk syuting di bagian depan. 

Lalu, ada ruangan di belakangnya sebagai tempat operator yang mengatur audio, switcher kamera hingga perekaman dan penyiarannya secara daring.

“Cukup memadai dan bisa dibilang ini sudah level profesional. Mulai dari kamera yang sudah proper sekali terus komputer, lighting hingga ruangan yang sudah tersedia ini levelnya terbilang profesional,” kata Thamlicha.

Ruang studio di depan sudah tertata apik dengan dekorasi dan instalasi pencahayaan yang sangat estetik.

Beberapa kamera menyoroti meja di bagian tengah untuk ditempati pembawa acara dan narasumber yang diundang mengisi podcast.

Baca juga: Bunex, Kementan dan BPDPKS Sosialisasikan Program Beasiswa Kelapa Sawit Kepada Ratusan Mahasiswa

Meja berbentuk segitiga itu juga dilengkapi mic dan headphone yang biasa digunakan dalam podcast profesional. 

Dari tempat itu, pembawa acara dan bintang tamu bisa melihat layar berukuran besar dan prompter yang berada tepat di depannya.

Ke depannya, para peserta pelatihan podcast Amanah diarahkan untuk membuat dan mengelola acara podcast secara profesional. Dengan demikian, fasilitas yang disediakan di Gedung Amanah dapat mewadahi kreativitas generasi muda di Aceh.

“Kita coba sebagai anak muda, berkreasi lebih banyak lagi. Mengundang tamu-tamu yang sudah pastinya kreatif. Kita juga berusaha untuk mengeksplorasi diri sebagai orang (pribumi) yang berada di sini,” tutur Thamlicha.

Menurutnya, program Amanah yang dijalankan oleh Badan Intelijen Negara di Aceh sudah dianggap sebagai wadah kreativitas para pemuda. 

Program unggulan Presiden Joko Widodo itu pun diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generasi muda di bidang penyiaran.

Selain ruang podcast, Gedung Amanah juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan pengembangan sumber daya manusia. 

Di antaranya seperti studio musik, studio fotografi, perpustakaan digital dan berbagai ruang lainnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini