News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Percepatan Transformasi Digital, Pj Gubernur Nana Sudjana Raih Penghargaan dari Askompsi

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menghadiri acara Seminar Nasional Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) yang mengusung tema “Ayo Kita Perkuat Kedaulatan Ruang Siber, Menyongsong Indonesia Emas 2045”, di Hotel Patrajasa, Kota Semarang, Kamis (26/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berhasil mendapatkan penghargaan dari Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) karena dinilai aktif mendorong percepatan transformasi digital. 

Penghargaan diserahkan Ketua Askompsi Muhammad Faisal pada acara Seminar Nasional  bertema "Ayo Kita Perkuat Kedaulatan Ruang Siber, Menyongsong Indonesia Emas 2045" di Hotel Patrajasa Kota Semarang, Kamis (26/9/2024).

Ketua Askompsi Muhammad Faisal mengatakan,  banyak kemajuan transformasi digital di Jateng,  diantaranya capaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Indeks SPBE Pemprov Jateng tercatat pada angka 4,26 dengan predikat memuaskan. Angka indeks SPBE itu menjadi yang tertinggi di Indonesia. 

Selain indeks SPBE, indikator kemajuan transformasi digital juga nampak dari keterbukaan informasi publiknya. Selama 6 tahun berturut-turut, Jateng berhasil meraih peringkat tertinggi. Atas keberhasilan itu, maka Askompsi mengajak anggotanya untuk belajar ke Jawa Tengah. 

Pj Gubernur Nana Sudjana menyambut baik pelaksanaan seminar nasional seri III di Jateng. Tugas Kominfo dalam mengelola informasi, komunikasi, statistik dan persandian tidak ringan. 

Baca juga: Melepas Kontingen ke PON XXI, Nana Sudjana: Jateng Bidik Minimal 50 Medali Emas, Target 3 Besar

Sehingga, kegiatan seminar nasional akan berdampak positif untuk saling memperkuat pelaksanaan tugas Kominfo, sekaligus meningkatkan profesionalisme. 

“Ajang silaturahmi ini saya rasa sangat baik, untuk menyatukan  persepsi  dalam hal pengelolaan Kominfo, supaya menjadi satu visi yang memang betul-betul mampu untuk memperkuat dan juga meningkatkan profesionalitas Dinas Kominfo,” ujar Nana.

Nana menambahkan, selama tahapan Pilkada, Kominfo juga memegang peran penting dalam menjaga ruang digital yang aman dan sehat. Sebab, pada momentum Pilkada, berpotensi muncul  hoax, ujaran kebencian, dan black campaign melalui media.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, lanjut Nana, perlu upaya pencegahan lebih masif, dengan cara menyampaikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat. Nana berharap,  pasangan calon juga diarahkan untuk lebih menjual visi, misi, dan program yang dapat menarik minat masyarakat. 

“Itu akan lebih baik dan lebih demokratis,” tutup Nana. 

Baca juga: Nana Sudjana: Jadikan HUT ke-79 Provinsi Jateng sebagai Momen Instrospeksi dan Evaluasi Kinerja

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini