News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Terapkan Kaidah Pertambangan yang Baik, Tambang Emas Milik Haji Robert Sabet 3 Penghargaan GMP Award

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), tambang emas Haji Robert Nitiyudo Wachjo menyabet 3 penghargaan sekaligus pada GMP Award 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Komitmen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dalam prinsip-prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) pertambangan minerba terus dilakukan. Terbaru, komitmen ini dibuktikan tambang emas Haji Robert Nitiyudo Wachjo yang menyabet 3 penghargaan sekaligus pada Good Mining Practice (GMP) Award 2024. 

Malam puncak penganugerahan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik ini baru saja berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam. 

PT NHM berhasil meraih tiga penghargaan antara lain Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan, Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Konservasi Mineral dan Pratama untuk Aspek Keselamatan Pertambangan. 

Penerimaan penghargaan dilakukan oleh Manajer GMP NHM Arifin Amiruddin didampingi 3 tim GMP NHM lainnya, Ahmad Jamil, Amin Bahrun dan Iksan yang hadir langsung dalam malam penganugerahan kegiatan yang diusung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut. 

Manajer GMP NHM Arifin Amiruddin mewakili manajemen NHM menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diperoleh perusahaan di GMP Award 2024. 

“Kami sangat bersyukur dengan hasil ini. Semua tim telah bekerja keras untuk meraih yang terbaik dalam menerapkan Kaidah Pertambangan yang Baik. Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM selaku ‘wasit dan juri’ sudah memberikan putusan penilaian mereka dan sangat kami hargai.”

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi tim GMP NHM dan kontribusi semua departemen di NHM yang sudah melalui proses administrasi, verifikasi hingga penilaian lapangan. 

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi tim GMP NHM dan kontribusi semua departemen di NHM yang begitu kompak melalui proses administrasi, verifikasi hingga penilaian lapangan dengan segala keterbatasan di internal. Terima kasih juga atas perhatian luar biasa Manajemen dan Kepala Teknik Tambang NHM yang membuat kami bisa meraih pencapaian ini,” tambah Arifin.

Baca juga: Berkomitmen Dukung SDGs, PT NHM Pimpinan Haji Robert Lolos 4 Nominasi Penghargaan di GMP Award 2024

PT NHM berhasil meraih tiga penghargaan antara lain Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan, Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Konservasi Mineral dan Pratama untuk Aspek Keselamatan Pertambangan.

Akan lebih fokus pada pengelolaan lingkungan

Raihan 3 penghargaan sekaligus di ajang GMP Award 2024 ini, masih kata Arifin, membuat tim GMP NHM akan terus melanjutkan metode-metode yang telah diterapkan di tahun lalu. 

Di antaranya, Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk setiap aspek yang menghadirkan para inspektur tambang ke Gosowong. Selain itu, PT NHM akan melaksanakan evaluasi mendetail untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan dan mulai berbenah di Aspek Standarisasi dan Usaha Jasa yang tahun ini belum berhasil dicapai. 

Acara malam penganugerahan GMP Award 2024 juga dibuka oleh sambutan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia yang menekankan penguatan penerapan prinsip-prinsip ESG pertambangan Minerba untuk keberlanjutan usaha dan meningkatkan daya saing. 

Baca juga: Green Mining, Langkah Strategis PT NHM Pimpinan Haji Robert untuk Pertambangan yang Ramah Lingkungan

Bahlil juga berharap perusahaan tambang lebih peka pada pengelolaan lingkungan hidup yang merupakan salah satu aspek fundamental dalam masa transisi energi dan ramah lingkungan. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Tri Winarto menyampaikan penghargaan GMP bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan pemegang KK, PKP2B, IUP, IUPK maupun perusahaan jasa pertambangan pemegang IUJP yang berprestasi dalam menerapkan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. 

Penghargaan ini menjadi parameter keberhasilan bagi pemerintah dalam pembinaan aspek teknis pertambangan.

Baca juga: Usung Nilai Kepedulian Haji Robert, PT NHM Salurkan Donasi Bagi Korban Banjir di Desa Rua Ternate

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini