News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Alwi Terkejut Saldo Rekening Rp 21 Juta Tinggal Rp 39 Ribu, Klik Link Tak Dikenal Jadi Penyebabnya

Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi mesin ATM.

Majene, Sulawesi Barat - Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas nama Haddad Alwi terkejut saat mengetahui saldo di rekeningnya tersisa hanya Rp 39 ribu dari total Rp 21 juta.

Kejadian ini terjadi pada 19 Oktober 2024 dan langsung dilaporkan ke pihak BRI.

Pihak BRI cabang Pellatoang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menindaklanjuti pengaduan Alwi pada 21 Oktober 2024.

Tim pemeriksa dari BRI turun langsung untuk menyelidiki kasus ini.

Dalam proses investigasi, pihak bank melibatkan Gusnaedi, ayah kandung Haddad Alwi, sebagai pendamping.

Hasil Investigasi

Setelah melakukan audit, pada 23 Oktober, tim menemukan bahwa hilangnya saldo tersebut disebabkan oleh kelalaian Alwi sendiri.

"Setelah melihat data penjelasan bapak saya selaku pendamping mengiyakan bahwa hilangnya saldo Haddad Alwi bukan kesalahan prosedural BRI melainkan kelalaian adik saya", terang Gusnaedi.

Data yang diperlihatkan kepada nasabah menunjukkan bahwa Alwi sering mengeklik tautan yang tidak dikenal di ponselnya, yang diduga menjadi penyebab bocornya informasi rekeningnya.

Gusnaedi, selaku pendamping, mengonfirmasi bahwa kelalaian tersebut akibat tindakan Alwi yang sering membuka link yang masuk ke ponselnya.

Baca juga: Viral Video Driver Ojol Bobol ATM Orang Rp 36 Juta di Makassar, Bermodal Tanggal Lahir di KTP Korban

"Beberapa link pernah masuk di hp nasabah dan itu biasanya dia klik, itulah yang kemungkinan mengakibatkan nomor beserta pin teretes," jelasnya.

Setelah menyadari kesalahannya, Haddad Alwi menyampaikan permohonan maaf kepada BRI atas kelalaiannya, yang menyebabkan kegelisahan di kalangan pengguna perbankan.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Majene, Jati Kusuma Sumantri mengimbau kepada seluruh nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan waspada terhadap modus kejahatan social engineering.

Jangan mudah percaya pada nomor yang tidak dikenal.

Kasus ini menjadi pengingat bagi nasabah untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan layanan perbankan dan menjaga informasi pribadi agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Alwi Kaget Uang di Rekening Barunya Sisa Rp 39 Ribu dari Rp 21 Juta, Pihak Bank Temukan Bukti Top Up

(TribunJatim.com/Ani Susanti)

Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini