News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Suap di Kementerian Agama

Keluarga Kepala Kankemenag Gresik yang Ditangkap Bersama Romahurmuziy Diperas KPK Gadungan

Penulis: Fitriana Andriyani
Editor: Fathul Amanah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hati-hati KPK Gadungan

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi merupakan satu dari dua pejabat yang terjaring OTT KPK bersama Romahurmuziy, Jumat (15/3/2019).

Beberapa hari berselang rumah Muafaq didatangi oleh orang yang mengaku sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Setelah dikonfirmasi, ternyata orang yang datang tersebut bukan pegawai KPK alias gadungan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, hari ini Rabu (20/3/2019), penyidik KPK mendatangi kediaman Muafaq untuk mengkonfirmasi.

Penyidik juga bertemu langsung dengan pihak keluarga Muafaq untuk menjelaskan hak-hak yang dimiliki Muafaq yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca: KPK Sita Dokumen Kepegawaian dari Kantor Kemenag Gresik

"KPK menerima Informasi dari pihak keluarga bahwa ada beberapa pihak yang kami indikasikan adalah 'KPK gadungan' yang datang ke rumah dan meminta uang," ujar Febri.

Febri mengatakan, bagi pihak-pihak yang didatangi oleh orang yang mengaku sebagai KPK dan meminta uang, bisa dapat langsung dilaporkan pada kantor kepolisian setempat atau menghubungi KPK di Call Center 198.

KPK mengingatkan agar tidak ada pihak manapun yang menyalahgunakan situasi untuk memeras atau melakukan penipuan, dengan cara mengaku seolah-olah sebagai petugas KPK dan meminta uang.

"Kami telah bekerjasama dengan Polri secara intensif untuk memproses lebih lanjut pihak-pihak yang melakukan tindak pidana tersebut," kata Febri.

Baca: Lakukan Penggeledahan Sekira 2,5 Jam, Tim Penyidik KPK Bawa 2 Koper dari Kantor Kemenag Gresik

Hari ini, Rabu (20/3/2019) KPK sita dokumen seleksi jabatan dari Kantor Kementerian Agama ( Kemenag) Gresik, Jawa Timur.

Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kantor Kemenag Gresik terkait kasus dugaan suap seleksi jabatan yang menyeret nama Ketum PPP Romahurmuziy.

"Penggeledahan masih berlangsung sampai siang ini," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (20/3/2019).

Menurut Febri, dari lokasi tersebut, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait seleksi dan pengisian jabatan di Kantor Kementerian Agama.

Adapun ruang yang digeledah penyidik KPK adalah ruang kerja Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi yang berada di Jalan Aksa Agunf Nomor 39, Gresik, Jawa Timur.

Baca: Fakta Terbaru Kasus Suap Kemenag, KPK Sita Dokumen Seleksi Jabatan dari Kantor Kemenag Gresik

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini