News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perfilman

Anda Gila Bola? Film Dokumentar Ramang Ini Wajib Tonton

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ramang, legenda bola Indonesia tahun 1950-an.

Laporan Wartawan Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Bagi pencinta bola zaman sekarang nama Ramang mungkin sangat asing, tapi di era tahun 1950-60 an, sosok Ramang sangat fenomenal di dunia sepakbola Indonesia yang pernah membela Indonesia di Olimpiade Melbourne tahun 1956.

Nah, sosok Ramang ini akan dihadirkan kembali dalam bentuk film. Adalah produser Ichwan Persada yang berminat membuat film dokumenternya. Ia telah memulai proses risetnya terkait dengan keinginannya itu.

Dalam proses riset, tim Ichwan yang terdiri dari Nunuk Anwar, Eky Saleh, Saddam Syukri dan Ai Wajdi untuk membuat semacam malam penggalangan dana. Yang istimewa dari kegiatan yang diberi tajuk "Tribute To Ramang di di Woodsy Gab, Jl Urip Sumohardjo, Makassar, pada Jumat 16 November lalu. Itu karena juga menghadirkan anak Ramang, Anwar Ramang dan tokoh sepakbola Diza Rasyid Ali.

Nunuk Anwar, salah satu tim Ichwan menambahkan bahwa pihaknya memang tak berekspektasi banyak mengingat mereka menyiapkan acara dalam waktu singkat. Begitupun ia surprise ketika malam itu terkumpul donasi hampir Rp 2,5 juta rupiah.

Ichwan sendiri belum memberi penjelasan lebih jauh seputar film dokumenter tersebut. "Malam "Tribute to Ramang" adalah langkah awal. Dan kami juga baru melangkah. Perjalanan masih panjang.

"Namun kami berharap bisa segera melakukan proses produksi setelah tahap riset kami selesaikan, " katanya dalam keterangan pers, Minggu (18/11/2012). roduser film "Orenji" ini berharap film tersebut sudah bisa selesai pada Maret 2013 karena rencananya akan dikelilingkan ke sejumlah festival luar negeri terlebih dahulu.

Pada 26 September 2012 lalu, tepat peringatan 25 tahun meninggalnya Ramang. FIFA merilis artikel penghormatan khusus untuk beliau. Belum pernah sekalipun ada pesepakbola Indonesia dihargai sebegitu terhormat.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini