News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Cerita Twindy Rarasati Layani Pasien Sebelum Positif Terjangkit Covid-19

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Twindy Rarasati

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Selebriti dan juga seorang dokter Twindy Rarasati berbagi cerita terkait pengalamannya yang pernah terjangkit virus corona (covid-19).

Dokter umum ini memyebutkan detilnya ia tidak bekerja khusus di pelayanan pasien covid-19 karena rumah sakit tempat ia bekerja juga bukan rumah sakit penanganan covid-19.

Namun tidak menutup kemungkinan ia melayani pasien yang terjangkit covid-19 karena gejala-gejala covid ada yang mirip dengan penyakit lain.

Baca: Gejala-gejala Covid-19 yang Sempat Dialami Twindy Rarasati

Baca: Ada Penambahan 55 Kasus, Total Kasus Positif di Jakarta Capai 5.195 Orang

"Aku bukan dokter yang khusus bekerja di bangsal covid-19, bukan juga bekerja di rumah sakit rujukan tapi kan pasien covid-19 itu bisa tidak ada gejala sama sekali atau gejalanya mirip sama penyakit lain," kata Twindy saat live instagram bersama Sandra Dewi, Senin (11/5/2020).

Kemungkinan penularan lainnya karena mungkin saja saat ia menangani pasien ada pasien tidak jujur soal riwayat perjalanan, padahal itu sangat memengaruhi terkaot pendeteksian covid-19.

"Mungkin ketika aku lagi di IGD kan semua orang masuk ya semuanya yang emergency ke situ pasien kira usus buntu ternyata ada covid-19, dia juga nggak tahu, tapi aku nggak bisa memungkiri memang ada beberapa pasien yang bilangnya tidak ada riwayat kontak," kata Twindy.

Permasalahan soal pasien yang tidak jujur soal riwayat perjalanan atau pun riwayat kontak ini disebutkan Twindy masih jadi hal yang mengkhawatirkan para dokter.

Seandainya pasien jujur soal riwayat tentunya dokter akan bisa lebih cepat menangani jika memang ada resiko covid-19, selain itu pasien juga bisa membantu melindungi dokter yang bertugas dari risiko penularan.

"Itu salah satu problem kita juga sebagai dokter makanga kita selalu encourage pasien-pasien untuk jujur sama dokternya supaya kita bisa nanganin kondisinya dia langsung," kata Twindy.

Kemudian Twindy mulai mengalami gejala covid-19 seperti sesak napas dan kemudian setelah rapid tes ke-dua dan juga swab test Twindy dinyatakan positif terjangkit covid-19.

Twindy pun menjalankan perawatan covid-19 selama dua minggu di rumah sakit sampai ia dinyatakan negatif covid-19, lalu melanjutkan karantina mandiri di rumah.

"Alhamdulilah setelah dua minggu dirawat di rumah sakit dan dua minggu di rawat di rumah aku udah bisa aktivitas lagi menangani pasien," pungkas Twindy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini