News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perayaan 20 Tahun Hari Musik Nasional, Once Mekel Bahagia Ada Beasiswa untuk Musisi

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Once Mekel ditemui dalam acara Musik Indonesia Keren edisi Ramadhan di gedung Kemendikbudristek, Senayan Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam momen Hari Musik Nasional ke 20 (HMN20), LPDP dan Kemendibudristek melakukan sosialisasi mengenai program beasiswa dan dana riset untuk musisi.

Once Mekel yang merupakan Panitia Pelaksana HMN20 menyambut baik adanya beasiswa untuk kalangan pekerja di industri musik.

Sebagai penyanyi yang juga pencipta lagu, Once merasa kesempatan untuk para musisi menempuh pendidikan tinggi akan menambah kreatifitas mereka dalam berkarya.

"Saya kira banyak teman-teman yang ingin mendapatkan kesempatan dibantu dengan beasiswa, mereka yang ingin memiliki skill dan kemampuan yang lebih tinggi karena kemampuan yang lebih tinggi akan membuka cakrawala, itu baik buat musisi," jelas Once Mekel di Gedung Kemendikbudristek, Senayan Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Disomasi Ahmad Dhani, Once Mekel: Gue Nggak Berminat Bawain Lagu Dewa 19 Banyak-banyak

Once mengatakan memang sudah lama Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPP PAPPRI) ingin adanya fasilitas untuk musisi menimba ilmu dan melakukan riset.

"Ini memang kita perjuangan bersama dan mendapat sambutan yang baik dari pihak pemerintah dalam hal ini LPDP sebagai lembaga yang memang mewujudkan beasiswa, ristek," ucap Once.

"Semoga di hari ini kita bisa lihat masa depan yang lebih baik untuk teman-teman musisi," lanjutnya.

Dwiki Dharmawan musisi yang juga ketua dari PAPRI mengaku siap untuk membantu untuk mengkurasi musisi yang ingin mengajukan besiswa.

"Kami PAPRI siap menjadi mitra dan kolaborator untuk mengkurasi dan mensosialiasaikan untuk mereka bisa mendapatkan haknya di dunia pendidikan," ucap Dwiki.

"Ada dana yang bisa digunakan oleh musisi atau kreator untuk mengembangkan karya mereka, misalkan mau pergi ke luar negeri untuk bisa mempelajari musik dan lain sebagainya," lanjut Hilman Farid selaku Dirjen Kebudayaan.

Sosialisasi soal beasiswa itu disampaikan dalam rangkian acara HMN20 bertajuk “Musik Indonesia Keren edisi Ramadhan”. 

Acara ini digelar di 5 kota di Indonesia, yaitu di Medan pada 4 April, Makassar 6 April, Manado 11 April, Surabaya 13 April dan terakhir di Jakarta 16 April. 

Selain mendatangkan artis penyanyi dan musisi nasional, acara ini juga menampilkan para musisi dan penyanyi daerah yang berkolaborasi dengan para artis nasional. 

Beberapa artis penyanyi dan musisi nasional yang akan hadir dalam pagelaran ini diantaranya Once Mekel, Dwiki Dharmawan, Marcel Siahaan, Ita Purnamasari, Sara Fajira, Novia Bachmid, Shabrina Leonita, Ikke Nurjanah, Andre Hehanussa, Gilang Ramadhan, Ridho Slank, Al Zastrouw dan lain-lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini