News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

SEA Games 2023

Taklukkan Medan Berdebu Cross Country, Sayu Bella Sumbang Mendali Emas Keempat untuk Indonesia

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sayu Bella Sukma Dewi, dari cabang balap sepeda MTB, menjadi perempuan tercepat di medan berdebu Cross Country Olympic/ XCO,  sukses di kategori Cross Country Team Relay (XCR) hingga menjuarai medan teknikal dari kategori Cross Country Eliminator di ajang SEA Games 2023.

Taklukkan Medan Berdebu Cross Country, Sayu Bella Sumbang Mendali Emas Keempat untuk Indonesia di Sea Games 2023 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, KAMBOJA - Sorakan dua kali berturut-turut terdengar dari Kulen Mountain, Phnom Penh, Kamboja selama SEA Games 2023, mulai 6-8 Mei 2023.

Sayu Bella Sukma Dewi, dari cabang balap sepeda MTB, menjadi perempuan tercepat di medan berdebu Cross Country Olympic/ XCO di SEA Games 2023.

Sayu Bella sukses di kategori Cross Country Team Relay (XCR) hingga menjuarai medan teknikal dari kategori Cross Country Eliminator.

Keberhasilan Sayu Bella ini berbuah medali emas keempat untuk kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

"Terima kasih semuanya, medannya teknikal dan skill-nya kepakai banget,” ungkap Sayu dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2023: Tembus 20 Emas, Indonesia Kejar Tuan Rumah Kamboja

Atlet yang akrab disapa Sayu itu berhasil memimpin nomor XCO dengan mengungguli Nur Assyria Zainal Abidin dari Malaysia, dan Yonthanan Phonkla dari Thailand pada hari pertama pertandingan.

Meskipun sempat insiden di awal pertandingan hari ketiga, Sayu dan semangatnya menginspirasi anak-anak bangsa.

Sementara pada XCR, tim estafet campuran dari Indonesia lain mampu bekerja sama dengan sangat baik sehingga Sayu dapat mengakhiri relay hingga garis finis dengan catatan waktu 50 menit 11 detik.

Gap yang cukup jauh dari tim Thailand di posisi kedua dengan catatan waktu 51 menit 44 detik, dan tim Filipina di posisi ketiga dengan catatan waktu 52 menit 25 detik.

Sayu turun menggunakan brand sepeda asli Indonesia, Polygon Syncline C series, dengan edisi spesial merah-putih yang telah dipersiapkan untuk Sayu berkompetisi di Sea Games tahun ini.

Prestasi Ayu ini mendapat apresiasi Kemenpora. 

“Emas keempat untuk Indonesia! Selamat kepada Sayu Bella Sukma Dewi dari cabang olahraga Cycling-MTB yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di nomor Women's MTB Cross Country Olympic,” tulis pihak Kemenpora pada laman Instagramnya, Sabtu (6/5/2023).

Ucapan dan sambutan hangat untuk Sayu telah membanjiri laman Instagram kemenpora.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini