News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

Apa Itu Hak Konsesi? Satu Solusi yang Bisa Dongkrak Performa Honda & Yamaha di MotoGP

Penulis: Niken Thalia
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Apa Itu Hak Konsesi? Satu Solusi yang Bisa Dongkrak Performa Honda & Yamaha di MotoGP - Pebalap Honda Spanyol Marc Marquez (kiri) melambai di samping pebalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo setelah sesi kualifikasi Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2022.

TRIBUNNEWS.COMĀ - Apa itu hak konsesi? sebuah solusi yang bisa saja diperuntukkan untuk Honda dan Yamaha guna meningkatkan motor demi bisa bersaing di MotoGP.

Menurut aturannya, pabrikan yang berhak mendapatkan konsesi yaitu adalah pembalap besutannya tak bisa naik podium selama satu musim penuh.

Dengan adanya konsesi, maka tim akan mendapat sejumlah hak meliputi, pengembangan mesin sepanjang musim, jatah unit mesin yang lebih banyak, dan kebebasan menggelar tes tertutup.

Hak konsesi dihapuskan jika sebuah pabrikan mengumpulkan enam poin sepanjang musim, sebagaimana dikutip dari laman crash.

Baca juga: Bosan Jadi Medioker di MotoGP, Rekan Setim Fabio Quartararo Langsung Ganti Gaya Balapan

Pebalap Tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez (kanan) berkompetisi selama balapan Sprint Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 17 Juni 2023. (RONNY HARTMANN / AFP)

Hak konsesi dalam ajang MotoGP sudah ada sejak tahun 2014 silam yang mana kala itu Ducati adalah pabrikan pertama yang menjajal hak tersebut.

Untuk musim ini tampaknya Honda dan Yamaha yang merupakan dua pabrikan Jepang butuh kebijakan tersebut.

Melempem selama mengarungi MotoGP 2023, Honda dan Yamaha butuh hak untuk mengembangkan motornya.

Dengan tujuan agar mereka bisa kompetitif lagi khususnya dalam mengejar laju dari pabrikan Eropa seperti KTM, Ducati, Aprilia.

Akan tetapi jika menganut aturan yang ditetapkan MotoGP, tampaknya untuk saat ini hak tersebut tak bisa didapatkan oleh Yamaha dan Honda.

Sebab, syarat untuk mendapat kebijakan tersebut, sebuah tim kesulitan untuk membawa pembalapnya naik podium pada main race atau balapan hari Minggu.

Sedangkan untuk saat ini, Honda telah mengantongi satu kemenangan lewat Alex Rins saat mentas di Circuit of The America (COTA).

Raihan podium di COTA juga didapat oleh Fabio Quartararo untuk Yamaha pada bulan April 2023 lalu.

Dengan demikian, selama satu musim ini saja, Honda dan Yamaha masih mampu untuk bertarung memperebutkan podium dan kemenangan.

(dari Kiri) Luca Marini dari Italia dan Mooney VR46 Racing Team, Alex Rins dari Spanyol dan LCR Honda Castrol dan Fabio Quartararo dari Perancis dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team merayakan podium selama konferensi pers di akhir pf balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Balapan pada 16 April 2023 di Austin, Texas.

Baca juga: Daftar Korban Kang Seruduk Marc Marquez di MotoGP 2023, Paling Epic Tekel Motor Zarco

Namun permasalahan Honda dan Yamaha adalah motor mereka yang kurang kompetitif.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini