News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

Tinggal Tunggu Done Deal, Syarat Marc Marquez Pindah ke Pramac Ducati Terpenuhi

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pembalap Tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez memberi isyarat saat konferensi pers jelang Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 15 Juni 2023.

TRIBUNNEWS.COM - Kabar mengejutkan berhembus dari garasi Repsol Honda yang menyebut kepindahan Marc Marquez ke Pramac Ducati untuk MotoGP 2024 tinggal tunggu done deal saja.

Usut punya usut ada satu syarat sudah terpenuhi untuk merealisasikan kepindahan Marc Marquez dari Repsol Honda ke Pramac Ducati di MotoGP 2024.

Situasi ini memicu bursa transfer pembalap MotoGP 2024 semakin liar, mengingat slot kursi pembalap yang tersisa hanya ada tiga. 

Satu di antaranya ialah Pramac Ducati. Tim satelit Ducati ini kehilangan Johann Zarco yang hijrah ke LCR Honda Idemitsu di musim depan.

Praktis Jorge Martin belum memiliki tandem guna mengarungi balapan motor Grand Prix 2024.

Baca juga: MotoGP Catalunya 2023 Bukan Balapan Biasa, Teka-teki Transfer Marc Marquez Bakal Gamblang

Sejumlah pembalap dikaitkan bergabung ke Pramac. Satu di antara yang paling mengejutkan ialah keberadaan nama Marquez.

Kabar ini tentu bikin heran. Pasalnya, Marquez adalah delapan kali juara dunia, yang tentunya lebih layak jika membela sebuah tim pabrikan.

Selain itu, sebelum rumor soal Pramac dan Gresini ini muncul, Marquez juga santer dikabarkan ingin membela Red Bull KTM yang berstatus tim pabrikan.

Namun belum lama ini, Sabtu (26/8/2023), media Jerman, Speedweek, yang juga dimiliki Red Bull, menyebut ada satu indikator untuk memuluskan kepindahan Marc Marquez gabung second team Ducati.

Marc Marquez dalam kontrak profesionalnya terdapat klausul yang menyebut pembalap berjuluk The Baby Alien ini boleh memutuskan kerja sama lebih awal, asalkan ia pindah ke sebuah tim satelit di MotoGP.

"Marc Marquez bisa lebih cepat meninggalkan HRC (Honda Racing Corporation) dari kontrak semestinya jika dia tidak pergi ke tim pabrikan, melainkan ke tim customer (satelit. Syarat ini pun dipenuhi di Pramac," tulis Speedweek jelang seri kandang Marquez di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, 1-3 September 2023.

Pebalap Tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez (kanan) berkompetisi selama balapan Sprint Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 17 Juni 2023. (RONNY HARTMANN / AFP)

Yap, jika berkaca dari klausul kontrak itu, transfer Marc Marquez ke Pramac atau bahkan Gresini Ducati jauh lebih masuk akal ketimbang ke pabrikan Austria, KTM.

Meski demikian, ada perbedaan mencolok antara Pramac dan Gresini yang bakal diterima Marquez jika kelak bergabung.

Jika Marquez memang benar-benar membela Pramac, maka ia akan mendapatkan motor Desmosedici GP24 spek pabrikan terbaru seperti yang diterima para rider Ducati Lenovo Team.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini