News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Voli

3 Pevoli Putri Eks Proliga Tampil di Olimpiade Paris 2024: Satu Nama Bawa Kota Bandung Pesta Juara

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Roster final skuad voli putri Republik Dominika untuk mengarungi Olimpiade Paris 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Daftar 13 pemain tim voli putri Republik Dominika yang dikirim berjuang di Olimpiade Paris 2024. Skuad voli putri Republik Dominika menurunkan 3 pemain yang pernah berkarier di Indonesia.

Cabang olahraga bola voli putri indoor pada event Olimpiade Paris 2024 berlangsung dimulai pada 27 Juli dan menggelar partai final 10 Agustus 2024. 

Republik Dominika yang masih diarsiteki Marcos Kwiek, tidak banyak mengalami perombakan skuad, dari yang diturunkan pada kejuaraan voli dunia Volleyball Nations League (VNL) 2024.

Nama-nama amunisi andalan seperti Niverka Marte dan Ariana Rodriguez, hingga Yonkaira Pena, masih memperkuat roster tim voli putri Republik Dominika untuk Olimpiade Paris 2024.

Outside Hitter Bandung bjb TANDAMATA, Madeline Jazmin Guillen melakukan Smash Kencang ke arah pertahanan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada gelaran Final Four Proliga 2023 di Gor Sritex Arena, Solo, Kamis (9/3/2023). (TRIBUNNEWS/Hafidh)

Menariknya, dari skuad voli putri Republik Dominika pada Olimpiade 2024, lini serang penyerangan Las Reinas del Caribe, kembali mengandalkan seorang Madeline Guillen.

Bagi pecinta bola voli Tanah Air, khususnya pendukung Bandung BJB Tandamata, Madeline Guillen bukan nama yang asing. Sebab outside hitter kelahiran 4 Juni 2001 ini pernah memperkuat tim voli putri asal kota Kembang.

Tepatnya di Proliga 2023, Madeline Guillen menjadi senjata andalan bagi tim yang saat itu juga masih dibesut oleh coach Alim Suseno.

Sumbangsih nyata diberikan pevoli berusia 23 tahun ini kepada Bandung JB Tandamata. Selain menjadi tulang punggung dalam meraih poin, Madeline Guillen juga membantu Bandung BJB Tandamata mencapai laga final Proliga 2023.

Di perebutan juara melawan Jakarta Pertamina Fastron (sekarang Enduro) yang diperkuat Megawati Hangestri Pertiwi, Madeline Guillen sukses menghantarkan Bandung BJB Tandamata menjadi juara.

Sayang di musim ini, Madeline tak lagi menjadi bagian dari Bandung BJB Tandamata. Yang hasilnya, klub kesayangan D'Blues ini gagal mencapai babak final four.

Faktanya, tim voli putri Republik Dominika mengandalkan beberapa nama yang tak asing di kalangan volimania Tanah Air pada Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Jadwal Voli Olimpiade Paris 2024: Jepang vs Jerman Pembuka, Kampiun VNL Tantang Serbia

Tak hanya Madeline Guillen, Niverka Marte dan Bethania de la Cruz yang juga diberangkatkan ke Paris, pernah berkarier di Proliga.

Niverka Marte bahkan dua musim beruntun menjajal peruntungannya di kompetisi kasta tertinggi bola voli Indonesia. Niverka memperkuat Jakarta Pertamina Fastron (2021), dan pindah ke Popsivo Polwan pada musim berikutnya.

Kemudian mundur tiga tahun, tepatnya di Proliga 2018, Bethania de la Cruz, lebih dulu memperkuat Jakarta Pertamina Energi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini