News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Olimpiade Paris 2024

Daftar Peraih Medali Badminton Olimpiade Paris 2024: Gregoria Mariska 2 Langkah Menuju Emas

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung merayakan kemenangan atas pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon dalam pertandingan perempat final bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Paris 2024 di Porte de la Chapelle Arena di Paris pada 3 Agustus 2024. (Photo by Luis TATO / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Daftar peraih medali cabang olahraga badminton Olimpiade Paris 2024, Minggu (4/8/2024) yang merampungkan dua sektor. Gregoria Mariska Tunjung dua langkah menuju medali emas pertama bagi Indonesia.

Dua dari lima sektor badminton di Olimpiade Paris 2024, sudah menemukan siapa pebulutangkis yang berhak merengkuh medali emas, perak, dan perunggu.

Nomor ganda campuran menempatkan pasangan dari China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, menyabet medali tertinggi pada badminton Olimpiade Paris 2024.

Zheng/Huang meraih keping emas setelah membungkam Kim Won-ho/Jeong Na-eun (Korea Selatan) di laga final. Sedangkan medali perunggu ganda campuran dimiliki utusan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Juara Zheng Siwei (kanan) dan Huang Yaqiong dari China berpose saat penyerahan medali pertandingan final ganda campuran turnamen bulutangkis Indonesia Open di Jakarta pada 18 Juni 2023. (ADEK BERRY / AFP)

Yuta/Arisa meraih juara 3 Olimpiade kali ini setelah memenangi laga kontra Seo Seung-jae/Chae Yu-jung dari Negeri Ginseng.

Berpindah ke ganda putri di mana wakil China kembali menggasak titel juara. Chen Qingchen/Jia Yifan sukses membawa pulang medali emas berkat kemenangan dua set langsung dalam derbi Negeri Tirai Bambu.

Yap, Chen/Jia mengalahkan sesama utusan China, Liu Sheng Shu/Tan Ning. 

Hasil ini menjadi obat penawar luka bagi Chen/Jia, sebab di Olimpiade Tokyo 2020 harus puas menggondol medali perak setelah takluk dari jagoan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu di laga final.

Adapun dari tiga sektor meliputi ganda putra, maupun tunggal putra-putri, masih akan melangsungkan pertandingan babak final dan semifinal.

Indonesia menyisakan satu wakil di nomor tunggal putri melalui Gregoria Mariska Tunjung. Pebulutangkis asal Wonogiri, Jawa Tengah tersebut, melenggang ke semifinal setelah mengandaskan jagoan Thailand, Ratchanok Intanon 25-23 dan 21-9, Sabtu (3/8/2024) sore WIB.

Di babak semifinal, Jorji, sapaan Gregoria Mariska, akan bersua unggulan pertama di tunggal putri Badminton Olimpiade Paris 2024, An Se-young (Korea Selatan).

Baca juga: Kejutan Hasil Badminton Olimpiade 2024: Chen Yufei Kandas, Emas Tunggal Putri Diraih Juara Baru

Pebulutangkis berjuluk Bocah Ajaib ini melangkah ke 4 besar setelah memetik kemenangan heroik atas Akane Yamaguchi (Jepang).

Ini artinya Gregoria Mariska Tunjung membutuhkan dua langkah, atau dua kemenangan lagi untuk menyudahi Olimpiade Paris 2024 secara klimaks dengan membawa pulang keping medali emas.

Andai mencapai partai final, lawan yang dihadapi ialah pemenang laga He Bingjiao (China) vs Carolina Marin (Spanyol).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini