News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON 2024

Kronologi Kontroversi Tinju PON 2024: Wasit Berat Sebelah, Petinju Tuan Rumah Langgar Aturan

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Ayu Miftakhul Husna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kontroversi tinju PON 2024 saat mempertemukan petinju lampung, Rusdianto Suku berhadapan dengan petinju Sumatera Utara, Joshua Juan Vrgas Harianja, Sabtu (14/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Kronologi kontroversi yang terjadi di pertandingan tinju pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kontroversi itu terjadi di duel Joshua Juan Vargas Harianja (Sumatera Utara) melawan petinju Lampung, Rusdianto Suku.

Sebagaimana diketahui, gelaran PON 2024 Aceh-Sumut tengah menjadi perbincangan panas di Tanah Air.

Hal ini dikarenakan penyelanggaraannya yang terkesan amburadul dan asal-asalan.

Tidak hanya dari segi teknis seperti laga yang berlangsung kisruh, namun kejadian lain juga mengundang geram publik Indonesia.

Mulai dari perihal venue tak memadai hingga konsumsi bagi para atlet dan wasit yang tak layak untuk diberikan.

Kontroversi PON 2024 juga tak luput dari cabang olahraga tinju. Tepatnya di babak perempat final yang berlangsung di Gedung Nommensen Siantar, Sabtu (14/9/2024).

Dalam pertandingan yang mempertemukan petinju Sumut, Joshua Juan Vargas Harianja melawan petinju Lampung, Rusdianto Suku, wasit diduga melakukan tindakan dan keputusan kontroversial.

Video pertandingan yang menunjukkan kontroversi wasit juga beredar di media sosial X, Minggu (15/9/2024) siang WIB.

Wasit Roike Wane yang memimpin pertandingan kelas 75-80 kg itu, dinilai kerap membuat keputusan yang merugikan petinju Lampung dan menguntungkan tuan rumah.

Dalam video yang viral di media sosial, keanehan itu terlihat pada pertandingan ronde ketiga, saat Joshua terkena pukulan keras Rusdianto hingga membuatnya terjatuh.

Saat jatuh yang pertama, wasit sempat menghitung tapi kemudian meminta Joshua kembali ke sudutnya untuk memperbaiki sarung tinju. Joshua kembali bertarung.

Di laga tersebut, Joshua terlihat dua kali mengulur waktu setelah menerima pukulan Rusdianto dengan cara menge-lap sarung tangannya dan juga menjatuhkan gum shield yang menurut aturan tinju dunia tidak diperbolehkan.

Baca juga: Erick Thohir Kecam Kontroversi Wasit Eko Agus di PON: Pemain yang Memukul Juga Siap Dapat Sanksi

Kemudian Joshua kembali dapat pukulan keras dai Rusdianto. Joshua sempat goyang tapi dia langsung memeluk Rusdianto.

Tak lama kemudian, Rusdianto kembali mendaratkan pukulan keras yang membuat Joshua goyang dan jatuh. Wasit kembali menghitung, tapi kemudian meminta petinju Sumut itu untuk ke sudut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini