News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Euro 2016

Wojciech Szczesny Punya Andil Bawa Polandia Kalahkan Jerman 2-0

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wojciech Szczesny

TRIBUNNEWS.COM, WARSZAWA - Wojciech Szczesny bisa disebut sebagai pahlawan kemenangan Polandia atas Jerman di match day kedua Grup D kualifikasi Euro 2016. Penampilan cemerlang di bawah mistar gawang membuat The White Eagles menang 2-0 di Stadion Narodowy, Warszawa, Minggu (12/10/2014) dinihari.

Polandia membuat sejarah di pertandingan itu. Ini merupakan kemenangan pertama dari 19 laga. Sebelumnya, Jerman meraih 12 kali menang dan enam kali seri. Dua gol di pertandingan itu dicetak Arkadiusz Milik di menit ke-51 dan Sebastian Mila di menit ke-88.

Der Panzer mendominasi permainan dengan penguasaan bola 62 persen berbanding 38 persen. Tim juara dunia 2014 itu melakukan 22 percobaan ke gawang, namun aksi gemilang Szczesny membuat tak ada satu pun gol yang bersarang ke gawang tim tuan rumah.

Kiper Arsenal itu tercatat membuat sembilan kali penyelamatan, sementara Manuel Neuer yang mengawal gawang Jerman hanya melakukan satu kali antisipasi. Kiper Bayern Munchen itu pun harus menerima kenyataan dijebol dua kali dari total lima kali percobaan ke gawang.

“Sangat baik mengalahkan juara dunia di kandang sendiri. Saya menikmati. Kami bukan favorit untuk menang, tetapi taktik kami berjalan baik. Kami harus fokus menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Skotlandia pada Selasa depan,” ujar Szczesny seperti dilansir UEFA.

Penampilan apik kiper berusia 24 tahun itu merupakan jawaban atas kritik yang ditujukan kepadanya. Sebagai pemain andalan The White Eagles, Szczesny memang sering kali tampil ‘angin-anginan. Sejak membela Polandia pada 2009, dia telah kebobolan 13 kali dari 20 pertandingan.

Pengalaman paling pahit terjadi di Euro 2012 saat dirinya menerima kartu merah di partai pertama melawan Yunani. Szczesny melanggar Dimitrios Salpingidis di kotak penalti. Laga ini pun berakhir imbang 1-1. Hasil buruk di laga pembuka membuat langkah tuan rumah terhenti di fase grup.

Di level klub, pemain yang pernah membela tim Polandia U-20 dan U-21 itu belum menunjukkan kematangan. Di setiap tahun sejak musim 2010-2011, Szczesny selalu menerima kartu kuning. Sejauh ini, di kompetisi Premier League musim ini, dia telah kebobolan sembilan kali dari tujuh laga

Namun melihat penampilan di laga melawan Jerman, yang membuat Szczesny belum kebobolan dari dua laga kualifikasi Euro 2016, besar harapan masyarakat Polandia menyaksikan tim nasional sepak bola kembali tampil di putaran final seperti yang sudah dicapai dalam delapan tahun terakhir

“Saya suka sekali dengan tantangan. Saya hanya perlu melakukan hal yang selama ini telah saya lakukan, yakni bekerja keras dan bekerja keras. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik setiap hari saat latihan,” tutur Szczesny.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini