News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dirk Kuyt Masuk Kelompok Kerja Tingkatkan Prestasi Timnas Belanda

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirk Kuyt

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Setelah Tim Oranye gagal lolos ke putaran final Euro 2016, Belanda semakin serius meningkatkan kualitas sepak bola mereka.

Berikut cara Belanda meningkatkan kualitas sepak bola di Negeri Kincir Angin.

Sebelum tim nasional Belanda gagal lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis, Belanda sudah sadar bahwa mereka harus meningkatkan kualitas sepak bola mereka.

Yang menarik, keputusan untuk meningkatkan kualitas sepak bola dibuat hanya beberapa bulan setelah tim nasional mereka sukses menempati peringkat tiga di Piala Dunia 2014.

Dalam Kongres Besar yang diadakan KNVB (Persatuan sepak bola Belanda) di Utrecht pada Desember 2014, lahir kesepakatan tentangĀ  11 prioritas yang mesti dikerjakan kelompok-kelompok kerja.

Pada Mei 2016 mendatang, kelompok-kelompok kerja itu akan mempresentasikan rencana bersama untuk pembaharuan dan perbaikan dengan judul "De Hollandse School 2.0" (Sekolah Belanda 2.0).

Selain pelatih, pemain yang masih aktif juga tergabung dalam kelompok kerja. Contohnya adalah Dirk Kuyt, mantan penyerang tim nasional Belanda yang sekarang membela Feyenoord.

Nama-nama lain yang terlibat antara lain adalah Jaap Stam (mantan bek Manchester United dan AC Milan), Bert van Marwijk (pelatih Belanda saat menjadi finalis Piala Dunia 2010), dan Foppe de Haan (mantan pelatih Belanda U-21).

"Total ada 70 orang yang terlibat, dari semua lapisan sepak bola kami di dalam maupun luar negeri," kata Jelle Goes, Manajer Teknik KNVB, kepada Algemeen Dagblad.

Pelatih tim nasional Belanda, Danny Blind, dan stafnya juga ikut berperan. Blind memimpin kelompok kerja yang melihat bagaimana meningkatkan standar kualitas sepak bola Belanda yang lebih tinggi.

Asisten pelatih tim nasional, Ruud van Nistelrooy, fokus pada topik berbeda. Mantan penyerang Manchester United dan Real Madrid itu fokus pada tema: "menciptakan pertandingan-pertandingan yang lebih banyak perlawanan dalam kompetisi dan sesi-sesi pelatihan di akademi untuk pemain muda".

Selain itu, KNVB juga melakukan wawancara dengan pelatih-pelatih Belanda yang sedang bekerja di luar negeri, seperti Louis van Gaal (Manchester United), Ronald Koeman (Southampton), dan Guus Hiddink (Chelsea).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini