News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia U19

Timnas U-19 Indonesia Kalah dari Qatar, Ini Faktor Penyebabnya Kata Indra Sjafri

Penulis: Abdul Majid
Editor: Sapto Nugroho
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemain Timnas U-19 Indonesia tertunduk lesu usai kalah melawan Timnas U-19 Qatar dalam laga Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018) malam.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelatih kepala Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri membeberkan faktor kekalahan anak asuhnya dari Timnas U-19 Qatar dengan skor 5-6 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018) malam.

Menurutnya, kekalahan perdana timnya di babak penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 itu bukan karena tidak berjalannya segi pertahanan, melainkan kesalahan individu pemain.

Baca: Qatar vs Timnas U-19 Indonesia: Indra Sjafri Sesalkan Perilaku tak Terpuji Pelatih Lawan

“Saya sangat berterima kasih kepada pemain walaupun ada beberapa kesalahan tapi perjuangan mereka di babak kedua dari kita tertinggal 6-1 menjadi 6-5 itu sudah bagus,” kata Indra Sjafri mengawali jumpa pers seusai laga.

“Apa yang terjadi hari ini akan kita benahi besok. Kemarin (versus Taiwan) ada individual error dan kita sudah kasih masukan. Tapi tadi kita lihat, pemain masih belum bisa sabar, ingin cepat menang. Hasilnya 10 menit awal kita bisa kemasukan,” ujar Indra Sjafri.

Baca: Qatar vs Timnas U-19 Indonesia: Cetak Trigol Pemberi Harapan, Ini Profil Todd Rivaldo Ferre

Lebih lanjut, Indra Sjafri pun membeberkan bukti dari kesalahan pemain yang seharusnya tak perlu dilakukan dalam laga ini.

Pemain yang ia maksud ialah sang kapten, Nurhidayat Haji Haris.

“Kita ada masalah di individual defense. Contohnya gol pertama, seharusnya bola bisa keluar tapi pemain salah antisipasi. Kemudian over confident. Kita lihat  gol pertama, kedua, dan ketiga yang tidak ada penjagaan. Itu yang membuat kita down,” papar Indra Sjafri.

Baca: Masih Ada Asa, Ini Tiga Skenario agar Timnas U-19 Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-19

Kesalahan yang dibuat oleh Nurhidayat Haji Haris pada babak pertama, langsung direspon Indra Sjafri.

Nurhidayat Haji Haris pun ditarik keluar pada awal babak kedua digantikan oleh Indra Mustafa.

“Di ruang ganti kita coba bangkitkan pemain, tidak ada yang tidak mungkin. Di babak kedua kita melakukan pergantian pemain yang tepat dan empat gol terjadi,” jelas Indra Sjafri.

Baca: Qatar vs Timnas U-19 Indonesia: Gagal Comeback, Todd Rivaldo Ferre dkk Kalah Dramatis 5-6

Untuk bisa lolos ke babak delapan besar, Timnas U-19 Indonesia harus meraih kemenangan pada laga terakhirnya kontra Timnas U-19 Uni Emirat Arab (UAE) yang belum pernah kalah dari dua laga terakhirnya.

Laga pamungkas penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 itu akan digelar di SUGBK, Senayan, pada Rabu (24/10/2018) malam. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini