News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga 3

NJ Mania Dikenal dengan Loyalitas, Kekompakannya dan Keberaniannya ke Persitara Jakarta Utara

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua umum NJ Mania, Parid

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - North Jakarta Mania-NJ Mania adalah komunitas suporter Persitara Jakarta Utara.

Dibentuk tahun 2005, Suporter yang bermarkas di Jakarta Utara ini dikenal dengan loyalitas, kekompakannya dan keberaniannya dalam mengawal perjalanan Persitara Jakarta Utara.

Namun, seiring perjalanannya sebagai suporter, NJ Mania pernah di cap sebagai suporter yang suka membuat keributan, kericuhan dan terkadang tawuran. Bahkan terakhir tawuran yang melibatkan NJ Mania terjadi tahun 2018 silam yang menyebabkan satu korban meninggal dunia.

Parid, sebagai ketua umum NJ Mania pun angkat bicara soal perjalanan NJ Mania menghadapi label negatif di mata masyarakat tentang NJ Mania.

"Kami memang tidak mau di cap seperti itu. NJ Mania dibentuk bukanlah untuk menimbulkan permusuhan, kami membentuk agar perkumpulan ini seperti bunga yang menambah keharuman Jakarta. Itu keinginan kami," ucap Parid, Rabu (26/8/2020).

Bicara masa lalu, Parid menyayangkan kejadian yang menimpa NJ Mania terjadi hanya atas dasar ketidakpuasan atau motif lain.

Menurutnya, sebagai suporter profesional setiap kelompok suporter harus dapat saling menerima dan menghargai.

"Pergi sama-sama dan pulang juga sama-sama, serta selamat, hanya itu saja," tambahnya.

Tak ingin kejadian terulang, Parid juga sering melakukan koordinasi serta sosialisasi kepada anggotanya untuk bersikap profesional dan tidak punya dendam akan masa lalu.

Meskipun saat ini nama NJ Mania perlahan membaik dengan aksi sosialnya, namun NJ Mania berusaha lekas menghabus jejak masa lalu.

Cara demi cara pun akan digunakan oleh NJ Mania agar suporternya makin dewasa, serta profesional.

"Kami mau ke depannya setiap koordinator bisa ikut pendidikan yang semi militer, gunanya agar bisa mengawal serta menjaga anggota. Kami mau semua damai, tidak ada kegaduhan seperti dulu," tambahnya.

NJ Mania menjelaskan akan tetap ada, meskipun Persitara tidak berbentuk.

Dalam lingkungan masyarakat, NJ Mania pun berusaha menjadi pelopor yang bisa membantu Jakarta Utara lebih aman, nyaman dengan meningkatkan azas gotong-royong dan kekeluargaan.

Artinya, NJ Mania bukan lagi sebagai si tukang ribut, NJ Mania kini sebagai pelopor yang membangkitkan gairah gotong royong di Jakarta Utara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini