News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia 2022

Persiapan Piala Dunia 2022 Terganggu Kualifikasi Afcon, Pelatih Senegal Minta CAF Turun Tangan

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Claudia Noventa
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih kepala Senegal Aliou Cisse mengibarkan bendera Senegal saat ia merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Afrika (CAN) 2021 antara Senegal dan Mesir di Stade d'Olembe di Yaounde pada 6 Februari 2022.

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Senegal, Aliou Cisse meminta meminta Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) turun tangan mengatasi bentroknya jadwal kualifikasi Piala Afrika (Afcon) dengan persiapan Piala Dunia 2022.

Aliou Cisse berharap kualifikasi Afcon ditunda karena ada lima negara dari benua Afrika yang mempersiapkan diri ikut ajang bergengsi Piala Dunia di Qatar.

Kelima negara dari Benua Afrika yang lolos berangkat ke Qatar diantaranya Kamerun, Ghana, Maroko, Senegal dan Tunisia.

Pemain depan Senegal Sadio Mane (tengah) dan rekan satu timnya merayakan kemenangan dan kualifikasi mereka ke final pada akhir pertandingan sepak bola semi final Piala Afrika (CAN) 2021 antara Burkina Faso dan Senegal di Stade Ahmadou-Ahidjo di Yaounde pada 2 Februari, 2022. (DANIEL BELOUMOU OLOMO / AFP)

Baca juga: Lupakan Brasil & Prancis, Calon Terkuat Juara Piala Dunia 2022 adalah Jerman

Baca juga: Daftar 30 Negara yang Merebut Tiket Piala Dunia Qatar 2022, Wales Menang Final Playoff Jalur A

Keikutsertaan lima negara di atas tentu membutuhkan persiapan yang matang agar bisa menampilkan permainan maksimal.

Namun persiapan mereka bakal terganggu karena bentrok dengan jadwal kualifikasi Afcon.

Menyikapi situasi di atas, Aliou Cisse meminta CAF menunda jadwal dua putaran kualifikasi Afcon yang rencananya berlangsung pertengahan September nanti.

Kondisi ini merupakan tantangan bagi CAF untuk menemukan tanggal baru jika mereka menunda 44 pertandingan bulan September.

Ini dikarenakan hanya ada satu waktu lagi, Maret mendatang, sebelum putaran final Juni-Juli 2023 di Pantai Gading.

"Hal terbaik (untuk) membantu lima pemain (Afrika) yang lolos (untuk Piala Dunia) adalah menghentikan (kualifikasi) pada September," kata Aliou Cisse kepada Media Dakar yang dikutip dari laman FootballGhana.

"(Ini akan) memberikan kesempatan kepada negara-negara yang lolos (untuk Piala Dunia) untuk melakukan persiapan mereka."

"Saya pikir kami dapat menemukan solusi untuk menunda (kualifikasi) yang dijadwalkan pada September," jelas mantan gelandang yang pernah berseragam PSG tersebut.

Baca juga: Sedang Berlangsung Live Streaming Perempat Final Indonesia Masters 2022, Cek Linknya

CAF berencana menggelar matchdays lima dan enam kualifikasi Piala Bangsa-Bangsa antara 20-28 Maret, dengan putaran final ditetapkan pada Juni dan Juli 2023.

Apa yang mungkin dipertimbangkan oleh badan yang berbasis di Kairo itu adalah membatalkan delapan pertandingan September yang melibatkan peserta Piala Dunia dan meminta mereka untuk mengatur jadwal andai tidak lolos ke babak berikutnya.

Di sisi lain, pakar Afrika sangat pesimis tentang peluang kelimanya, bahkan dengan keberadaan Senegal yang tergabung di Grup A bersama Belanda, Qatar dan Ekuador.

(Tribunnews.com/Ipunk)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini