News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

FIFA & Jokowi Bertemu di Istana, Arah Baru Sepak Bola Indonesia Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo menerima cinderamata dariPresiden Induk Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA) Gianni Infantino usai pertemuan tertutup di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/10/2022).?Pertemuan tersebut membahas persepakbolaan di Indonesia dan sepakat melakukan transformasi sepak bola di Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan Malang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino telah bertemu secara langsung dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) siang WIB.

Pertemuan antara FIFA dan Jokowi memiliki tujuan utama untuk menindaklanjuti insiden tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022 lalu.

Kedatangan Gianni Infantino yang hadir langsung menemui Jokowi pun dimaknai menjadi sinyal positif bagi sepak bola Indonesia.

Apalagi Infantino telah menegaskan bahwa FIFA akan sepenuhnya membantu sepak bola Indonesia bangkit setelah kejadian Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang.

Baca juga: Bukan PSSI, Kenapa Erick Thohir yang Jemput Presiden FIFA Gianni Ifantino untuk Bertemu Jokowi?

Presiden Joko Widodo menerima cinderamata dariPresiden Induk Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA) Gianni Infantino usai pertemuan tertutup di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/10/2022).?Pertemuan tersebut membahas persepakbolaan di Indonesia dan sepakat melakukan transformasi sepak bola di Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan Malang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Arah baru sepak bola Indonesia pun semakin dinanti setelah pertemuan penting antara FIFA dengan Pemerintah Indonesia.

Proses transformasi sepak bola Indonesia yang digodog oleh pemerintah dan FIFA diharapkan bisa memberikan dampak positif nantinya.

Hingga pada akhirnya, pertemuan FIFA dan pemerintah Indonesia bisa menjadi momentum perubahan besar bagi sepak bola Indonesia agar berubah menjadi lebih baik.

Tercatat ada lima kesepakatan penting yang dihasilkan dari pertemuan FIFA dan Jokowi tersebut.

Sebagaimana misal kesepakatan pertama soal rencana transformasi sepak bola Indonesia yang dilakukan secara menyeluruh.

Ada pula kesepakatan menarik soal kajian ulang terhadap para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia.

Kajian mendalam soal kelayakan stadion, standar keamanan pertandingan, dan penyelenggaran Piala Dunia U20 2023 menjadi hal lain yang juga disepakati dalam pertemuan tersebut.

Berkaca dari beberapa poin di atas, tentu perhatian yang diberikan FIFA untuk membantu arah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik patut didukung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana, Selasa (18/10/2022). (Tribunnews.com/ Taufik Ismail)

Dalam sambutannya, Infantino secara terbuka menyatakan kedatangannya ke Indonesia sebagai pertanda era baru sepak bola tanah air.

"Kehadiran saya sebagai tanda keberangkatan baru sepak bola di Indonesia. Ini saya bisa jamin ke Presiden dan rakyat Indonesia," ujar Infantino dikutip Tribunnews dari Youtube Sekretariat Presiden.

"FIFA di sini bersama Anda, kami bekerja bersama pemerintah, AFC, dan federasi utk mereformasi sepak bola Indonesia," tambahnya.

Arah baru perubahan sepak bola Indonesia pun benar-benar diharapkan bisa terjadi sekaligus dirasakan setelah pertemuan antara Presiden FIFA dengan Joko Widodo, siang tadi.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini