News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia U20

Jokowi Beri 2 Instruksi Khusus ke Erick Thohir Soal FIFA Pasca-Pembatalan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (31/3/2023).

Jokowi Beri Dua Instruksi Khusus ke Erick Thohir soal FIFA Pasca-Pembatalan Indonesia Jadi Tuan Rumah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyerahkan surat Presiden FIFA Gianni Infantino untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Erick Thohir juga telah melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni Infantino kepada Jokowi.

"Membaca surat tersebut, presiden menginstruksikan saya dua hal: satu, segera membuat peta biru transformasi sepakbola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA," ujar Erick Thohir seusai bertemu dengan Presiden Jokowi.

Baca juga: Ganjar Pranowo Mengaku Kecewa Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Hokky Caraka: Munafik!

Kedua, Jokowi meminta Erick untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Jokowi, ucap Erick, tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepakbola dunia.

Ercik terus berusaha keras memastikan transformasi sepakbola Indonesia terjadi, bukan wacana. Erick juga akan bekerja keras untuk kembali bernegoisasi kepada FIFA menghindari sanksi yang bisa terjadi.

"Karena dari FIFA sendiri tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi, tapi kalau dilihat dari suratnya jelas bahwa FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Oleh karena itu, Erick Thohir saat ini sedang menunggu undangan FIFA setelah mereka melakukan rapat fifa council. Rencananya, Erick akan kembali bertemu dengan FIFA dalam beberapa hari ke depan.

Penyebab FIFA Cabut Status Indonesia: Ada Intervensi

Erick Thohir jelaskan soal hasil pertemuan dengan FIFA saat Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 (YouTube Kompas TV)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebut ada intervensi di balik penyebab FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Diketahui, Erick Thohir telah menemui presiden FIFA sebelum Indonesia secara resmi dihapus menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Dalam surat resmi, FIFA hanya menuliskan 'keadaan saat ini' yang membuat Indonesia tak jadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Setelah sampai di Indonesia, Erick Thohir langsung melakukan konferensi pers pada Jumat (31/3/2023) siang.

Erick Thohir menjelaskan jika saat ini fokusnya adalah untuk melobby FIFA agar Indonesia tak kena sanksi terberat, seperti tahun 2015 silam.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini