News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia 2023

Piala Asia: Demi Yakinkan Wasit, Pelatih Australia Minta Pemainnya Guling-guling saat Dilanggar

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kesebelasan Australia berfoto sebelum kick-off melawan Uzbeksitan dalam pertandingan Piala Asia 2023 matchday ketiga Grup B di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, pada 23 Januari 2024. HECTOR RETAMAL / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih dan pemain Australia kompak meminta 'bantuan' kepada wasit saat pertandingan menghadapi Timnas Indonesia di babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Pemain Australia, Harry Souttar berujar bahwa wasit yang memimpin laga melawan Timnas Indonesia, harus ketat dan jeli dalam melihat insiden pelanggaran.

Sedangkan Graham Arnold sebagai pelatih berkelakar, meminta pemainnya untuk berguling-guling ketika kena senggol pemain Timnas Indonesia untuk meyakinkan wasit bahwa itu sebuah pelanggaran.

Duel Australia vs Timnas Indonesia dijadwalkan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Pemain Australia Harry Souttar (Kiri) dan pemain Vietnam Bui Tien Dung bertanding memperebutkan bola pada pertandingan kualifikasi sepak bola Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Australia dan Vietnam di Melbourne pada 27 Januari 2022. (Con CHRONIS / AFP)

Dengan tinggi badan mencapai 198 cm, Souttar merupakan salah satu senjata andalan Australia dalam situasi bola mati.

Bek jangkung berusia 25 tahun itu tercatat telah mencetak 10 gol dari situasi bola mati dalam 25 caps bersama Socceroos.

Tidak heran apabila bek Leicester City itu terus-menerus menjadi sasaran para pemain lawan. Ia belum mencetak gol selama Piala Asia 2023 karena kerap mendapatkan pengawalan ketat dari pemain lawan.

lihat foto Timnas Indonesia akan bertanding dengan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar, Minggu (28/1/2024). Skuad Garuda memastikan tiket 16 besar setelah imbangnya pertandingan antara Kirgistan melawan Oman. TRIBUNNEWS/BAYU PRIADI

Bahkan, tidak jarang ia dikawal oleh dua pemain sekaligus dan membuat pergerakannya menjadi terhambat.

Menjelang laga kontra Timnas Indonesia, Souttar meminta wasit bisa melihat lebih jeli apakah ada pelanggaran terhadapnya.

“Jujur, menurut saya wasit mungkin bisa lebih membantu saya,” kata Souttar, dikutip dari laman Dailymail.

“Saya tahu kami mengadakan pertemuan sebelum turnamen tentang apa yang termasuk pelanggaran dan apa yang termasuk pelanggaran tertentu."

Baca juga: Prabowo Doakan Timnas Indonesia Buat Kejutan Lawan Australia di Piala Asia

"Lalu Anda masuk ke pertandingan dan berpikir kami telah diberitahu bahwa itu adalah sesuatu yang penting, namun ternyata tidak memberikannya."

"Itu salah satunya. Ini membuat frustrasi, tapi kami sudah terbiasa."

Di sisi lain, pelatih Australia Graham Arnold bercanda bahwa anak didiknya itu perlu menjatuhkan diri saat dilanggar. Hal ini tidak lain untuk memastikan wasit mengetahui bahwa sang pemain telah dilanggar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini