News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Euro 2024

Sorotan Euro 2024 - Modal Tradisi Semifinal, Spanyol Menang Mudah atas Prancis

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemain Spanyol berpose untuk foto tim selama pertandingan sepak bola perempat final UEFA Euro 2024 melawan Jerman di Stuttgart Arena di Stuttgart pada 5 Juli 2024. ( LLUIS GENE / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Prancis dihadapkan sebuah tantangan untuk menghancurkan tradisi Spanyol di babak Semifinal Euro 2024. 

Spanyol berhasil lolos ke semifinal Euro 2024 dan akan menghadapi Prancis dalam perebutan tiket final, Rabu (20/7/2024) pukul 02.00 WIB di Allianz Arena, Jerman.

Hanya saja Prancis, dilihat dari sudut pandang rekor, tidak diunggulkan untuk mengalahkan Spanyol pada babak Semifinal Euro 2024.

Spanyol sudah lima kali berlaga di babak semifinal Euro. Rinciannya, yaitu pada edisi 1964, 1984, 2008, 2012, dan 2020.

Gelandang Jerman #10 Jamal Musala berebut bola dengan bek Spanyol #02 Dani Carvajal dan gelandang Spanyol #16 Rodri selama pertandingan sepak bola perempat final UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Jerman di Stuttgart Arena di Stuttgart pada 5 Juli 2024. (Fabrice COFFRINI / AFP) (AFP/FABRICE COFFRINI)

Dari lima kesempatan tersebut, Spanyol hanya satu kali menelan kekalahan, itu pun bukan di waktu normal. Momen itu terjadi pada edisi Euro 2020 ketika Spanyol kalah adu penalti lawan Italia setelah imbang tanpa gol di 120 menit.

Sedangkan di empat kesempatan lainnya, Spanyol selalu berhasil memenangkan semifinal. Bahkan pada 1964, 2008, dan 2012, La Furia Roja berhasil mengakhiri perjalanan dengan gelar juara.

Pada Euro 2024 ini, Spanyol punya modal bagus untuk tampil percaya diri.

Lamine Yamal dan kawan-kawan jadi tim paling impresif dibanding kontestan lain di babak semifinal.

Spanyol yang tergabung di grup B bersama Italia, Kroasia, dan Albania bisa mengakhiri fase grup dengan nilai sempurna sembilan.

Setelah itu Spanyol bisa menghajar Georgia dengan skor telak 4-1 di babak 16 besar.

Di babak perempat final, Spanyol mendapat tantangan berat karena menghadapi tuan rumah Jerman yang juga tampil bagus di Euro 2024.

Baca juga: Misi Ronaldo Selanjutnya setelah Gagal Bersinar di Euro 2024, Pensiun Masih Lama?

Spanyol akhirnya sukses mengalahkan Jerman dengan dramatis lewat gol Mikel Merino di masa injury time babak perpanjangan waktu.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente menyebut timnya sebagai "kuda pemenang" setelah berhasil mengalahkan Der Panzer.

 "Tim ini seperti kuda pemenang, saya bangga bisa melatih para pemain ini, mereka tidak pernah mau puas,"  terangnya dikutip dari laman France24.

De la Fuente mengatakan bahwa para pemainnya memiliki mental dan daya juang luar biasa setelah bermain hingga perpanjangan waktu untuk meraih kemenangan dramatis atas Jerman.

"Mereka terbiasa berkompetisi di level tertinggi dan mereka punya peluang untuk menjuarai turnamen ini," lanjut de la Fuente.

Spanyol dipastikan akan menghadapi Prancis di semifinal setelah Les Blues menyingkirkan Portugal lewat adu penalti 5-2. Portugal dan Prancis bermain imbang 0-0 selama 90 menit ditambah dua kali perpanjangan waktu

Prancis yang akan jadi lawan Spanyol di babak semifinal terbilang masih tampil inkonsisten. Mereka baru mencetak tiga gol untuk bisa sampai babak semifinal.

Dalam tiga gol tersebut, dua di antaranya berasal dari gol bunuh diri sedangkan satu gol lainnya dari gol penalti Kylian Mbappe.

(Tribunnews.com/Giri)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini