News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Italia

Pelit Keluar Duit, Mentok AC Milan Dilatih Stefano Pioli Lagi setelah Pecat Paulo Fonseca

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Reaksi pelatih AC Milan asal Italia Stefano Pioli saat pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions UEFA antara AC Milan dan Borussia Dortmund di stadion San Siro di Milan pada 28 November 2023. Marco BERTORELLO / AFP

TRIBUNNEWS.COM - AC Milan paling mentok kembali dilatih Stefano Pioli jika terpaksa mengakhiri kerjasama dengan Paulo Fonseca. Masalah keuangan menjadi fondasi utama mengapa AC Milan dipandang mustahil gaet pelatih baru.

Performa AC Milan dapat dikatakan amburadul di antara tim-tim elite Serie A Liga Italia di awal musim 2024/2025.

Tercatat dari tiga laga pembuka, Rossoneri, julukan AC Milan, sekalipun belum memetik kemenangan. Rinciannya dua kali imbang dan satu kekalahan.

Padahal manajemen AC Milan sudah sudah merombak maksimal, baik kedalaman skuad dan pelatih.

Pelatih Roma asal Portugal Paulo Fonseca menyaksikan pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Eropa UEFA antara AS Roma dan Manchester United di Stadion Olimpiade di Roma, pada 6 Mei 2021. Filippo MONTEFORTE / AFP (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Rossoneri mendatangkan 5 pemain baru, termasuk Alvaro Morata yang bersinar di EURO 2024. Di posisi pelatih kepala, tim Merah-Hitam memecat Stefano Pioli dan menggantikannya dengan Paulo Fonseca.

Akan tetapi hasil yang diraih sejauh ini tak kunjung memuaskan. Wajar kemudian gema pemecatan Paulo Fonseca hingga tagar #FonsecaOut sempat trending di media sosial X beberapa waktu lalu.

Menariknya, manajemen AC Milan merespons akan kemungkinan itu, yakni memecat Paulo Fonseca. Kabarnya, mantan pelatih AS Roma itu diberikan tiga kali kesempatan untuk berikan pembuktian.

Jika gagal maka solusinya adalah pemecatan. Dan itu akan menjadi sejarah bagi AC Milan, yakni memecat pelatih dengan masa jabatan tersingkat.

Sebelumnya, AC Milan pernah memperkerjakan Marco Giampaolo di tahun 2019. Dia memiliki masa jabatan tersingkat sebagai pelatih Rossoneri, yakni mendampingi tim selama 7 laga.

Sedangkan Fonseca, jika dipecat, maka dia tercatat berada di pinggir lapangan dalam 6 pertandingan Rossoneri.

Kini yang menjadi pertanyaan, siapa pelatih yang akan menggantikan Fonseca jika pemecatan itu menjadi kenyataan?

Baca juga: Peran Jay Idzes di Balik Ancaman Pemecatan Paulo Fonseca dari Kursi Pelatih AC Milan

Dalam laporan Football Italia, Stefano Pioli merupakan kandidat utama. 

Sebab mantan pelatih Fiorentina itu hingga kini masih terikat kontrak dengan Milan hingga Juni 2025.  

Di sisi lain, pihak klub memiliki kewajiban untuk membayarkan kompensasi berupa gaji bulanan kepada Stefano Pioli.  Oleh karena itu, memecat Fonseca hanya akan menambah masalah keuangan bagi klub kesayangan Milanisti. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini