News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Respons Pernyataan Peter Gontha, Legenda Timnas Indonesia Ini Sebut Naturalisasi Pemain 'Dibutuhkan'

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FOTO: Legenda Timnas Indonesia, Bob Hippy, saat diwawancarai oleh Tribun Network, di kediamannya, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2024) (Tribunnews/Alfarizy)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernyataan Mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha, mengundang polemik di media sosial.

Melalui akun pribadinya, Peter mengaku galau dengan kondisi skuad Timnas Indonesia yang saat ini yang banyak dihuni pemain naturalisasi.

Unggahan yang berisikan delapan poin utama itu pun ramai diperbincangkan oleh para pecinta sepak bola tanah air.

Legenda Timnas Indonesia, Bob Hippy, turut buka suara dengan langkah naturalisasi yang gencar dilakukan oleh PSSI.

Menurut pemain yang eksis di era 60-an itu, program naturalisasi memang 'dibutuhkan' untuk saat ini.

Pasalnya, untuk bermain di level sekelas dunia, menurut Bob, membutuhkan pemain yang benar-benar mumpuni.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Erick adalah menjembatani, hanya menjembatani untuk sementara," kata Bob Hippy, dalam wawancara bersama Tribun Network di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2024).

Diharapkan, lanjut Bob, program naturalisasi yang kini digencarkan oleh PSSI bisa menjadi suntikan motivasi bagi pemain lokal agar meningkatkan kualitasnya.

Oleh sebab itu, pria yang juga Mantan Direktur Teknik PSSI itu mengatakan jika pembinaan usia dini harus konsisten digelar.

"Tidak bisa (jangka panjang) juga, dia (PSSI) musti produksi (pemain) lokal, dari mulai usia muda sampai ke atas," kata eks Pemain Persija Jakarta itu.

Sebagai catatan, dalam pemanggilan pemain Timnas Indonesia untuk periode September 2024 lalu, setidaknya ada 11 pemain yang berstatus naturalisasi.

Mereka adalah Maarten Paes, Jay Idzes, Justin Hubner, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Shayne Pattynama dan Thom Haye.

Sebelas pemain di atas masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) Timnas Indonesia dalam laga kontra Australia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini