News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ruang Ganti Timnas Cina Dilanda Perpecahan Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Seret Nama Marcello Lippi

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Timnas Cina seusai kalah atas Australia dalam laga matchday 3 putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Australia yang berakhir dengan skor 3-1. Cina akan menghadapi Timnas Indonesia sebagai tuan rumah di matchday 4 pada Selasa (15/10/2024).

Ruang Ganti Timnas Cina Dilanda Perpecahan Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Muncul Nama Marcello Lippi

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Cina dilaporkan berada dalam situasi tidak baik-baik saja jelang pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday 4 penyisihan grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (15/10/2024).

Ruang ganti Dragon Team, julukan Timnas Cina bahkan disebut berada dalam situasi perpecahan menyusul hasil buruk mereka di fase kualifikasi Piala Dunia kali ini di bawah asuhan pelatih Branko Ivankovic asal Kroasia.

Baca juga: Media Asing: Branko Ivankovic Korban Berikutnya Shin Tae-yong Jika Cina Keok dari Timnas Indonesia

Timnas Cina kalah 1-3 saat bertandang ke Australia, menjadikan tim raksasa Asia itu mengalami tiga kekalahan berturut-turut dan menduduki peringkat terbawah klasemen grup.

Belakangan, bocoran laporan dari media Shanghai, Oriental Sports Daily mengatakan, rentetan hasil buruk itu tak hanya membuat Timnas Cina banjir kritik dan cemoohan dari suporternya sendiri namun juga mendorong situasi ruang ganti ke perselisihan internal.

Beberapa pemain internasional Timnas Cina yang pernah bermain di bawah pelatih terkenal tidak menyukai Ivankovic. Pamor pelatih Kroasia itu turun ke titik beku di dalam tim," tulis laporan itu dilansir Sohu, Sabtu (12/10/2024).

Sebagai catatan, ini bukan pertama kalinya pelatih Timnas Cina menghadapi "pengucilan".

"Berita perselisihan antar jenderal juga merebak pada masa jabatan pendahulu Ivankovic, Aleksandar Jankovic," tambah laporan tersebut.

Baca juga: Media Cina Ungkap Keanehan Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia, Kok Tim Tamu Sampai Duluan?

Timnas Cina seusai kalah atas Australia dalam laga matchday 3 putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Australia yang berakhir dengan skor 3-1. Cina akan menghadapi Timnas Indonesia sebagai tuan rumah di matchday 4 pada Selasa (15/10/2024). (sohu/tangkap layar)

Langka, Petinggi CFA Ikut Temani Pemain Timnas Cina ke Australia

Sejatinya, Para petinggi Chinese Football Association (CFA), PSSI-nya Timnas Cina, sudah melakukan sejumlah usaha untuk memperbaiki peforma tim secara non-teknis.

Hal itu termasuk menemani langsung para pemain Timnas Cina selama perjalanan mereka ke Australia kali ini.

"Susunan "pertandingan terbaik" seperti itu sangat jarang terjadi di kompetisi internasional sebelumnya," kata laporan tersebut.

Indikasi lain dari kehadiran langsung ketua Asosiasi Sepak Bola Cina dan wakil presiden yang membidangi timnas Cina adalah manajemen sudah mulai mempertimbangkan masa depan sang pelatih. 

"Secara umum diyakini bahwa jika Ivankovic gagal menghentikan kekalahan beruntun di pertandingan berikutnya, posisi kepelatihannya mungkin tidak terjamin. Apalagi di laga kandang mendatang melawan Indonesia, Ivan menghadapi "pertarungan hidup dan mati", dan hasilnya berhubungan langsung dengan nasibnya," kata laporan itu.

Marcello Lippi (zimbio)

Seret Nama Marcello Lippi

Hal yang menarik, perselisihan di ruang ganti Timnas Cina ini menyeret nama Marcello Lippi, peltih kawakan asal Italia yang pernah dua kali membesut tim tersebut pada periode 22 Oktober 2016 hingga 25 Januari 2019 dan 24 Mei 2019 hingga 14 November 2019.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini