News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Keuntungan Timnas China Jika Pertandingan Timnas Indonesia Vs Bahrain Dipindah dari Indonesia

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Bahrain dalam laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Nasional Bahrain, Kamis (10/10/2024). Pertandingan berakhir seri 2-2. TRIBUNNEWS/PSSI

Keuntungan Timnas China Jika Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain Dipindah dari Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) baru-baru ini mengajukan permohonan kepada FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk memindahkan pertandingan tandang mereka melawan Indonesia, yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta, ke tempat netral.

Permintaan ini muncul setelah BFA menilai terjadi insiden serius di mana suporter Indonesia menghina tim Bahrain dan para pemainnya di media sosial.

Baca juga: PSSI-nya Bahrain: Pemain Timnas Bahrain Dapat Ancaman Pembunuhan dari Suporter Timnas Indonesia

Dalam pernyataannya, Asosiasi Sepak Bola Bahrain menyatakan kalau mereka merasa tindakan tersebut mengancam keselamatan tim nasionalnya.

Mereka menginginkan agar pertandingan dapat dilangsungkan dalam lingkungan yang lebih aman.

Mengapa Suporter Indonesia Menghina Tim Bahrain?

Media China, Sohu, mengulas insiden ini dengan mengaitkan keuntungan yang diperoleh Timnas China jika permintaan Bahrain dikabulkan.

Menurut laporan itu, setelah hasil imbang 2-2 antara Bahrain dan Indonesia, suporter Indonesia mulai melontarkan hinaan dan ancaman kepada pemain Bahrain secara besar-besaran melalui platform media sosial.

Hal ini tidak hanya menyerang akun resmi Asosiasi Sepak Bola Bahrain, tetapi juga mencakup akun pribadi para pemain dan penggemar.

Tindakan tersebut dianggap sangat melanggar semangat olahraga dan tidak sejalan dengan tujuan sepak bola sebagai olahraga yang menyatukan masyarakat di seluruh dunia.

Akibatnya, Asosiasi Sepak Bola Bahrain merasa perlu untuk memindahkan pertandingan ke tempat yang lebih netral.

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Bahrain setelah gol cantik yang tercipta lewat tendangan free kick, Kamis (10/10/2024). (Istimewa)

Apa Dampaknya bagi Tim China?

Sebagai informasi, Bahrain dan Indonesia sama-sama menjadi pesaing tim China di Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut laporan Sohu, usulan Bahrain untuk memindahkan venue pertandingan ini memicu perbincangan hangat di kalangan penggemar Tiongkok.

Beberapa di antaranya berpendapat kalau China, sebagai negara yang dikenal aman, mungkin bisa mengambil alih penyelenggaraan pertandingan ini.

"Dengan demikian, bukan hanya keselamatan tim Bahrain yang terjamin, tetapi juga citra internasional China akan semakin meningkat," kata laporan tersebut

Pemain Tiongkok Jiang Guangtai (2 kanan) berebut bola dengan pemain Indonesia Witan Sulaeman (2 kiri) selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia antara Tiongkok dan Indonesia di Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok timur pada 15 Oktober 2024. (Photo by AFP) / China OUT / CHINA OUT (AFP/-)

China Ketiban Untung Perubahan Venue Indonesia vs Bahrain?

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini