News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rusuh di Amerika Serikat

Daftar 14 Media Sosial, Aplikasi, Situs Web dan Perusahaan Teknologi yang Memblokir Donald Trump

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Akun Twitter Donald Trump ditangguhkan. Inilah Daftar 14 Media Sosial, Aplikasi, Situs Web dan Perusahaan Teknologi yang Memblokir Donald Trump

TRIBUNNEWS.COM - Kerusuhan yang terjadi di Capitol Amerika Serikat Rabu (6/1/2021) lalu, telah membuat sejumlah perusahaan teknologi untuk bergerak.

Setelah melihat Presiden Donald Trump membeberkan informasi yang salah dan penuh kebencian, Mark Zuckerberg dari Facebook dan Jack Dorsey dari Twitter akhirnya melarang Trump untuk menggunakan platform mereka.

Sekelompok aplikasi dan situs web utama termasuk TikTok, Snapchat, dan Reddit mengikuti langkah Facebook dan Twitter, menangguhkan atau membatasi Trump dan pengikutnya atas klaim kecurangan pemilu.

Gerakan "deplatform" Trump akan mengurangi jangkauan digitalnya dan membantu mengekang konspirasi.

Meskipun beberapa ahli mengatakan para ekstremis akan menemukan cara alternatif untuk terhubung secara online, yang lain berpendapat bahwa deplatforming adalah cara yang efektif untuk mengatur ujaran kebencian dan menghambat perhatian yang diciptakannya.

Baca juga: Ikuti Jejak Twitter dan Facebook, Youtube Juga Blokir Channel Donald Trump

Baca juga: Akun Twitter Donald Trump Ditutup Permanen karena Dinilai Bisa Picu Kekerasan Lebih Lanjut

Donald Trump diblokir dari berbagai platform media sosial (StartupTalky)

Seperti yang dilansir hypebae.com, inilah daftar semua platform media sosial, aplikasi, situs web, dan perusahaan teknologi yang telah membatasi atau memblokir Donald Trump dan ekstremis sayap kanan.

1. Amazon

Pada 10 Januari, Amazon menghapus Parler, jaringan sosial yang disukai oleh kaum konservatif, ahli teori konspirasi, dan anggota sayap kanan, dari layanan hosting cloud-nya.

Menurut laporan The New York Times, Amazon menemukan banyak postingan di platform yang mendorong kekerasan.

Pada bulan November, kolumnis The Guardian Malaika Jabali menemukan bahwa lebih dari 10.000 postingan di Parler menyertakan hashtag #civilwar dan frasa serupa yang menganjurkan kehancuran setelah pemilihan.

Tidak mengherankan, pengguna Parler bereaksi terhadap larangan tersebut dengan marah - dalam tangkapan layar yang diposting oleh Buzzfeed News, seorang pengguna bahkan menyarankan untuk meledakkan bahan peledak di pusat pelatihan Amazon Web Services.

2. Apple

App Store Apple menangguhkan Parler setelah memberinya kesempatan untuk mengubah kebijakan moderasi kontennya yang tidak memadai.

"Kami selalu mendukung berbagai sudut pandang yang ditampilkan di App Store, tetapi tidak ada tempat di platform kami untuk ancaman kekerasan dan aktivitas ilegal," kata Apple kepada The New York Times.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini