News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kuliner

Dulu Kelas Kaki Lima, Kini Es Cendol Jadi Selera Bintang Lima Berkat Kreasi Seperti Ini

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Es cendol alias es dawet dalam berbagai kreasi bintang lima.

Minuman ini, yang dulu dijajakan oleh pedagang keliling dengan pikulan, sekarang sudah naik kelas. Kini kita bisa menjumpai cendol di mana-mana, seperti di pusat jajanan, kafe, dan di hotel-hotel. Anda juga bisa membuat sendiri dengan variasinya.

Bahan: Cendol, irisan nangka, sirop pandan.

Santan: ½ kg kelapa parut diperas dengan air matang, peras dua kali, ambil bagian kentalnya saja. Beri garam secukupnya, simpan di lemari es.

Cara Menghidangkan: Taruh beberapa sendok cendol dan irisan nangka di gelas tembus pandang, tuangi air dingin, tambahkan santan secukupnya dan sirop pandan semanisnya, dilengkapi dengan beberapa potong es batu.

Bahan: Cendol berwarna merah, biji selasih, sirop pandan, es batu.

Cara Menghidangkan: Taruh beberapa sendok cendol merah dan biji selasih di gelas tembus pandang, tambahkan air, sirop pandan secukupnya lalu tambahkan beberapa potong es batu.

3. Cendol dengan Tapai Singkong

Cara Menghidangkan: Taruh beberapa sendok cendol dan irisan tapai singkong di mangkuk, tuangkan sedikit air dingin, tambahkan santan secukupnya dan sirop gula jawa semanisnya. Taruh es serut di atasnya.

4. Cendol Campur

Cara Membuat: Kolang-kaling diiris-iris tipis, masak dengan diberi sedikit gula. Nanas dikupas, bersihkan lalu iris persegi kecil. Kelapa muda dikerok dengan pengerok kelapa, sisihkan airnya.

Cara Menghidangkan: Sediakan mangkok atau gelas tembus pandang, isi dengan bahan yang sudah dipersiapkan. Tambahkan air kelapa muda, penuhi dengan es serut, siram dengan sirop merah, lalu alirkan sedikit susu kental di atasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini