News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Travel Story

Pesona Teluk Prigi di Trenggalek: Ombak Tenang, Pasir Putih dan Laut Biru, Manjakan Liburan Anda

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Keindahan pantai di Teluk Prigi, Minggu (14/6/2015). Selain menikmati keindahan pantai yang dikelilingi perbukitan, banyak wisatawan yang berenang di laut dalam ombak yang tenang.

TRIBUNNEWS.COM, TRENGGALEK - Jika mendengar kata pantai selatan Jawa, pikiran kita akan mengarah pada Legenda Nyi Roro Kidul, angker, pantangan, dan ombak yang besar.

Karena itu, pengunjung biasanya hanya bisa menikmati pantai itu dari pinggir tanpa merasa aman dan nyaman untuk berenang.

Bahkan, di beberapa pantai selatan Jawa terdapat larangan berenang.


Wisatawan menikmati keindahan pantai di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (14/6/2015). Selain menikmati keindahan pantai yang dikelilingi perbukitan, sebagian wisatawan berenang di pantai. (Kompas/Bahana Patria)

Namun, penggalan pantai selatan Jawa yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, ini unik.

Pantai tersebut mematahkan mitos pantai selatan yang angker. Posisi pantai yang berada di teluk membuat ombak sangat landai karena angin terhalang oleh perbukitan.

Pantai ini berjarak sekitar 50 kilometer ke arah selatan dari kota Trenggalek.

Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, di kawasan tersebut juga terdapat tempat pendaratan ikan nasional yang terbesar di Jatim.

Jika beruntung datang saat musimnya, pengunjung akan mendapat suguhan nelayan menangkap ikan dengan jaring dari pinggir pantai atau dikenal dengan jaring tarik.

Pagi hari nelayan melepas jala ke laut hingga 1 kilometer dari pantai, kemudian perlahan-lahan akan ditarik ke daratan.

Untuk menuju ke lokasi pun tergolong mudah. Akses jalan yang memadai untuk beragam jenis kendaraan membuat kawasan wisata di pantai tersebut menjadi primadona, terutama pada hari libur.

 
Teluk Prigi, Trenggalek, Jawa Timur.  (iwisataindonesia.com)

Hanya saja, di kilometer terakhir dari jalan utama pengunjung akan dihadapkan oleh jalanan yang menanjak tajam dan menurun curam.

Tiket masuk tempat wisata tersebut sangat murah. Hanya dengan Rp 10.000, wisatawan dapat menikmati keindahan alam sepuasnya.

Ada dua titik keindahan utama di kawasan tersebut yang siap menyambut pengunjung, yaitu Pantai Pasir Putih dan Pantai Karanggongso.

Sebagai tujuan wisata utama, kedua pantai itu memiliki syarat yang memadai sebagai tujuan wisata pantai favorit, yaitu mempunyai ombak yang tenang.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini