News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wisata Riau

Roti Sus Rasa Vanila, Klasik, Rainbow, Cappuccino, Oreo, Coklat, Keju, Asin, Pilih Mana?

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Roti sus Oreo (kiri) dan Roti sus Jawa.

Laporan Vina Dwinita

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU – Umumnya kue sus isinya vanilla. Namun di tangan ahlinya, isi kue sus bisa beragam. Mulai dari yang rasa manis hingga asin juga bisa diaplikasikan.

Hal ini tentunya memberikan pilihan variasi bagi penikmat kue sus.

Seperti yang dilakukan pemilik Faila’s Kitchen Maya Shinta yang berada di Jalan Lobak no 16 Pekanbaru, ia mengkreasikan berbagai varian kue sus. Diakuinya latar belakang ia membuat varian kue sus karena memang senang makan kue sus.

“Awalnya karena saya suka sus. Biasanya vanilla saja, saya ingin yang beda tapi tetap enak. Iseng- iseng otak-atik resep buat sus rainbow beda warna beda rasa, ternyata banyak yang suka. Terus coba lagi rasa lain,” ujar Shinta kepada Tribun.


Roti sus rainbow dan vanilla.

Seiring bertambahnya waktu, dari satu rasa kini selain rasa vanilla sudah ada tujuh rasa. Seperti sus classic,sus rainbow, cappuccino, oreo, keju, coklat.

“Itukan rasanya manis semua, saya kreasikan rasa asin yaitu sus roghout ayam jamur. Ke depan, tidak menutup kemungkinan saya bakalan kreasikan rasa yang lain lagi,” sebutnya.

Vla yang dihasilkannya, lanjut Shinta meskipun manis tetapi tidak membuat eneg dan tetap lembut. Caranya supaya tidak eneg, kata Shinta harus menggunakan gula asli, susu, kuning telur dan pasta secukupnya. Diakui Shinta, sus itu buatnya susah-susah gampang.

“Kami menyebutnya “kue manja”. Salah satu kuncinya di pemanggangan, oven tidak boleh dibuka selama memasak karena sus mengembang tapi mengempes setelah keluar dari oven,”katanya.

Makanya tambah Shinta feeling harus jalan dalam memanggang kue sus ini. Karena kalau terlalu lama kulit akan keras, sebaliknya kalau terlalu cepat diangkat bakalan turun adonannya.

“Bisa menggunakan waktu kalau oven yang ada timernya. Tapi kan tidak semua yang punya oven ini karena harganya lumayan mahal. Kemudian bagi yang menggunakan oven yang diletakkan di atas kompor dan tanpa petunjuk suhu harus mengenali besar api kompor yang yang digunakan. Semua ini hanya dapat dicapai dengan latihan,” terangnya.

Dikatakan Dhinta, adonan kue sus berbeda dengan adonan kue bolu dan cake. Karena adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula.

Tetapi adonan kue sus dibuat dari menambahkan tepung terigu sekaligus ke dalam campuran air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih.

Lalu, telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. “Kalau tekstur adonan sus tidak halus, penyebabnya karena tepung terigu tidak dimasukkan sekaligus,” sebutnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini