News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Komodo Exercise di Padang Bakal Dihadiri 35 Negara

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia bakal disambangi banyak wisatawan mancanegara.

Mereka adalah para tentara dan militer dari luar negeri di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), April mendatang.

Daerah yang terkenal dengan jam gadangnya itu akan menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) atau latihan bersama TNI Angkatan Laut dengan banyak tentara dari 35 negara sahabat.

"Sumatera Barat punya Mandeh, Raja Ampat dari Barat, punya bukit, hutan, sungai, laut dan punya Bukit Tinggi. Selamat berlatih bersama," ujar Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Perhelatan yang biasa disebut dengan Komodo Exercise itu akan menghebohkan di Kota Rendang dan Keripik Balado itu pada 9-16 April mendatang.

Negara-negara yang dipastikan hadir antara lain adalah Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Cambodia, kanada, Chile, Kolumbia, China, England, Perancis, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malysia, Mexico, Myanmar, Netherland, Selandia Baru, Pakistan, Peru, Philipine, Papua Nugini, Qatar, Rusia, Singapore, Saudi Arabia, Srilangka, Thailand, USA, TimorLeste, dan Vietnam.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Burhasman mengatakan, perhelatan skala international itu melahirkan banyak ide bagi Pemkot Padang untuk mengkombinasikan berbagai kegiatan di even tersebut.

”Maka even itu dimulai lebih awal agar kami punya waktu untuk berpromosi, kami akan melaksanakan Sumatera Barat Maritime Expo juga akan digelar Festival Budaya Sumbar yang dipersembahkan untuk wisatawan dan tamu-tamu negara sahabat,” ujarnya.

Lebih lanjut Burhasman mengatakan, kegiatan yang akan mengisi Festival Budaya Sumatera Barat ini di antaranya adalah: lomba lari Padang 10K, pelepasan anak penyu, sepak bola pantai, panggung hiburan, lomba masak, festival band pelajar dan lainnya.

”Selain itu akan ada Mandeh Joy Sailing yakni pelayaran wisata menuju kawasan wisata Mande,” katanya.

”Nantinya Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya Sumatera Barat ini juga bisa merevitalisasi obyek-obyek wisata dengan cara mengangkat pelestarian seni budaya dan penguatan adat istiadat.

Dalam acara ini dipaparkan juga pemahaman tentang kemaritiman sebagai bagian dari potensi industri pariwisata,” kata Burhasman.

Sekadar informasi, MNEK 2016 sendiri atau yang disebut dengan Komodo Exercise 2016 adalah kegiatan latihan TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat yang tergabung dalam anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS), Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan negara sahabat lainnya.

”Kami sudah bersinergi dengan TNI, ini membuktikan bahwa Sumatera Barat siap menyambut berbagai even skala international dan siap menyambut acara besar ini,” ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini