News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rizal Ramli Kritik Promosi Wisata, Banyak Destinasi Menarik Lain, Mengapa Bali Melulu Fokusnya?

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tari Bali, salah satu aset wisata budaya Indonesia dari Bali.

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli heran dengan kenyataan saat ini bahwa Bali lebih terkenal dari beberapa destinasi wisata di Indonesia.

Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara seminar di sela-sela Rakernas PHRI di Nusa Dua Bali, Kamis (21/4/2016).

"Waktu saya ditunjuk sebagai Menko, saya pelajari. Kok bisa, Indonesia indah sekali, budget pariwisata setiap tahun ada, lumayan besar, kok yang menonjol hanya Bali? Yang lain nyaris nggak ada yang menonjol," kata Rizal.

Dalam makalah yang mengangkat tema "Kebijakan Pemerintah untuk Meningkatkan dan Mengembangkan Investasi dalam Dunia Usaha Pariwisata" Rizal Ramli juga menjelaskan bahwa dengan kondisi tersebut pihaknya langsung mempelajari dan mengevaluasi.


Pesona Raja Ampat di Papua.

"Ternyata setelah kami pelajari, budget setiap tahun dibagi 60 sampai 80 lokasi pariwisata. Sehingga, yang kecil (budget) sini, di sana, dan impact-nya nyaris tidak ada, karena tidak cukup sumber daya, membangun infrastruktur dasar," papar Rizal Ramli. 

Akhirnya dilakukan strategi baru, yaitu dalam lima tahun pertama, sektor pariwisata fokus pada 10 destinasi baru.

Dengan demikian, tambah Rizal, akan bisa membangun infrastruktur dasar seperti bandara, marina, akses jalan, telekomunikasi dan lainnya yang mendukung sektor pariwisata.  (Sri Lestari/ kompas.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini