News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mencicipi Makanan Unik Khas Kalteng, Lezatnya Sayur Rotan Ini Pas Disajikan Menemani Nasi Hangat

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sayuran Umbut Rotan, makanan Khas warga Kalteng.

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKARAYA - Rotan kerapkali diketahui hanya bahan membuat mebel. Tapi di Kalimantan Tengah, tumbuhan ini diolah menjadi makanan khas.

Dari racikan berbagai bahan bumbu, rotan muda ini diolah menjadi makanan khas Kalimantan Tengah.

Sayur umbut rotan, demikian nama makanan ini.

Bagi sebagian orang luar kalimantan mungkin agak aneh, tapi tidak bagi warga Bumi Tambun Bungai ini.

Sejak lama, sayur umbut rotan adalah resep turun temurun peninggalan nenek moyang.

Kelezatan umbut rotan ini semakin menggoyang lidah jika dicampur dengan lauk ikan sungai seperti haruan (ikan gabus) atau ikan sepat yang di goreng.

"Rasanya, maknyus, bila kita makan sama nasi putih yang masih dalam keadaan panas atau hangat sangat terasa nikmatnya.Juga jika lauknya pakai ikan asin, enak banget untuk disajikan dalam sebagai makanaan siang ," ujar Wardani warga Palangkaraya, pecinta makanan Khas Kalteng ini, Sabtu (12/1/2019).

Rika Astuti, salah satu Ibu rumah tangga yang kerap membuat sayur berbahan rotan mengungkapkan, cara membuat sayuran ini pertama rotan muda atau bagian umbutnya, terlebih dahulu dibersihkan durinya, rotan harus dipotong kecil-kecil.

Sekira panjang 2 hingga 3 centimeter, kemudian, diolah menjadi hidangan sayur umbut rotan, dengan cara memasaknya yang juga mudah, hanya menyiapkan rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, dan bumbu pelengkap lainnya, kemudian, dihaluskan dan digoreng dengan minyak sayur.

Setelah bumbu harum dan kecokelatan, masukkan daging, seafood, atau bahan pelengkap sayur yang ingin dicampurkan, masukkan rotan muda yang telah dipotong kecil dan oseng hingga layu. Setelah itu masukkan santan dan tunggu hidangan matang dan makanan siap dihidangkan.

Makanan ini, sangat gampang dicari, karena di Palangkaraya dan daerah lainnya di Kalteng ada warung makan khas Kalteng yang menjual jenis makanan ini yang biasanya diberi nama kandas.

"Banyak di Palangkaraya warung yang menjual sayuran umbut rotan warung kandas lauk di jalan RTA Milono, atau warung berbagai kandas di Kompleks Bukit Hindu juga ada," ujarnya seraya mengatakan, selamat menikmati makanan khas Kalteng.
(banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini