News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jalur Pendakian ke Gunung Slamet Akan Kembali Dibuka Mulai Besok

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gunung Slamet

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendakian ke Gunung Slamet melalui jalur pendakian via Bambangan Dukuh Bangbangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga kembali dibuka pada Sabtu (2/3) 

Jalur pendakian kembali dibuka karena kondisi cuaca mulai membaik dan pemulihan ekosistem yang dilakukan selama beberapa bulan telah menunjukkan hasil. 

“Berdasar pertimbangan cuaca serta jalur pendakian yang sudah relatif pulih, maka diputuskan pendakian ke Gunung Slamet melalui jalur Bambangan, Kutabawa, Karangreja Purbalingga, mulai dibuka, Sabtu (2/3) besok,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno kepada Kompas.com, Jumat (1/3/2019). 

Baca: Waspadai Modus Penipuan Melalui Aplikasi Whatsapp, Contohnya Seperti Dilakukan Agus Ini

Jalur pendakian Gunung Slamet ditutup sejak 10 Januari 2019 dengan alasan demi pemulihan keseimbangan ekosistem serta menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di lingkungan gunung.  

“Setelah pendakian massal pada malam tahun baru, kondisi jalur perlu pemulihan sehingga sementara ditutup. Selain itu juga untuk memulihkan vegetasi dan ekosistem di gunung,” ujar Prayitno.  

Baca: BMKG: Jakarta Aman dari Potensi Tsunami Jika Terjadi Gempa Besar di Selat Sunda

Prayitno menjelaskan, dengan dibukanya jalur pendakian ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga akan menempatkan dua orang petugas untuk selalu berjaga di pos pendakian awal. 

"Sebelumnya, dua petugas kami difokuskan untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang pos pendakian, dan juga melakukan perawatan tanaman yang roboh di jalur itu,” ujar dia. 
Menurut Prayitno, dibukanya kembali jalur pendakian ke Gunung Slamet telah dikoordinasikan dengan jalur lain di wilayah Pemalang dan Banyumas.

Laporan: Mela Arnani

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Mulai 2 Maret 2019, Jalur Pendakian Gunung Slamet Kembali Dibuka

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini