News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Kemenangan Obama dan Pilpres 2014

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Anwar Sadat Guna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko
Anggota DPR RI dari PDI-Perjuangan

Saya ingin memberikan tanggapan atas terpilihnya Obama sebagai Presiden AS (Amerika Serikat) kedua kalinya.

Kemenangan Obama dalam Pilpres AS ini menandai naiknya arus politik progresif di berbagai belahan dunia.

Politik progresif ini ditandai dengan kebijakan ekonomi politik yang berorientasi pada distribusi kesejahteraan atau pemerataan, solidaritas, dan kesetaraan dalam kebebasan.

Dalam hal ini negara kembali memainkan peranan penting untuk berfungsi mengurangi kesenjangan sosial yang diakibatkan oleh mekanisme ekonomi pasar bebas atau keapitalisme neoliberal.

Kebijakan Obama yang menekankan pada nilai-nilai empati, tanggungjawab sosial, dan solidaritas dalam bentuk kebijakan pengamanan jaring pengaman sosial untuk melindungi masyarakat kelas menengah ke bawah (masyarakat miskin), pengetatan pasar keuangan agar tidak liar dalam mencari laba, kenaikan pajak bagi masyarakat yang berpendapatan sangat tinggi dan sebagainya, adalah bagian dari kecenderungan dunia saat ini.

Kemenangan François Hollande dalam Pilpres Prancis maupun fenonema kemenangan pemimpin-pemimpin Sosialis di negeri-negeri Amerika Latin maupun kemenangan Obama adalah bukti dari kemenangan politik progresif ini.

Bangsa Indonesia yang akan juga menghadapi momentum memilih pemimpinnya pada 2014 diharapkan bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini.

Politik oligarki yang berlandaskan uang yang banyak sudah usang dan ketinggalan jaman.
Saya ucapkan selamat untuk Obama dan semoga kemenangannya bisa mengerem ketegangan politik dunia dan menggantinya dengan politik luar negeri yang lebih ramah, penciptaan perdamaian di Timur Tengah.

Juga peredaan ketegangan akibat sengketa teritorial antara China dengan Jepang dan ketegangan di Semenanjung Korea, mencairnya hubungan baik dengan negeri-negeri Amerika Latin yang juga sedang menempuh politik progresif dan sebagainya.

Indonesia juga semoga bisa memanfaatkan kemenangan Obama ini yaitu dengan meyakinkan Presiden Obama tentang hak-hak Indonesia dalam setiap kesepakatan investasi maupun perdagangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini