News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kota Bogor Paling Dicintai Ketimbang Paris, Tapi Paling Macet di Indonesia

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bogor Kota Cinta sekaligus peringkat kedua kota terburuk untuk berkendara menurut survei Waze.

Oleh: Hariqo Wibawa Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi

TRIBUNNERS - Seperti dicubit, begitulah yang dirasakan warga Bogor setelah Waze merilis surveinya pada Jumat (16/09/16). Menurut survei itu, lalu lalu lintas Kota Bogor nomor dua terburuk di dunia setelah Kota Cebu, Filipina.

Di Indonesia, Bogor tidak sendirian, ada delapan kota lagi menyusul di bawahnya. Berikut urutannya: Kota Bogor (Peringkat 185), Denpasar (183), Bandung (182), Surabaya(181), Jakarta (178), Medan (168), Yogyakarta(150), Malang (146), dan Semarang (145).

Bogor dan Denpasar beda tipis, dugaan kuatnya adalah kedua kota ini tujuan wisata, dan kebanyakan pengguna Waze orang luar daerah. Bogor paling disorot karena diperingkat pertama di antara kota lain.


Kemacetan di Kota Bogor, Jawa Barat. TRIBUNNEWSBOGOR.COM/LINGGA ARVIAN NUGROHO

Survei ini seperti menginterupsi kebahagian warga Bogor. Seperti kita tahu pada Juni 2016 lalu Kota Bogor dinobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia (Bogor City, winner of the we love cities 2016 and the most loveable city in the world).

Kompetisi ini diadakan organisasi internasional World Wide Fund (WWF) for Nature bekerjasama dengan ICLEI. Sistem kompetisinya dipantau langsung (real time) di internet, media sosial dan di lapangan.

Bogor terpilih setelah mengalahkan 45 kota besar dari 20 negara. Kota Bogor berhak meraih predikat The Most Lovable City atau kota favorit pilihan netizen di ajang kampanye global We Love Cities 2016.

Kesuksesan meraih gelar ini Bogor membuktikan kemampuannya menggalang dukungan publik untuk mewujudkan pembangunan kota berkelanjutan. Lebih jelasnya, mari buka website www.welovecities.org

Atau ketik di google: we love cities 2016, Bogor menjadi kota paling dicintai warganya di dunia, dan ini mengalahkan kota-kota besar di dunia, termasuk kota Paris, Perancis yang konon katanya penuh cinta. Untuk mengabadikan prestasi ini, Pemkot Bogor akan membangun “landmark” atau simbol hati (love), sebagai simbol kecintaan warga terhadap kotanya. Cek di (tribunnewsbogor -https://goo.gl/279maf)

Kembali ke Survei Waze di luar dugaan Wali Kota Bogor merespon positif Survey Waze ini. Bima Arya melarang seluruh jajarannya menyalahkan pihak luar, tetapi harus evaluasi ke dalam untuk bekerja lebih keras lagi. Pesanya di grup WA Pemkot menyebar.

“Survey waze harus kita perhatikan. Bagaimanapun itu ada datanya. Jangan disangkal. Memang Bogor masih macet, dan di beberapa ruas tambah macet. Tahun lalu masih di bawah bandung dan denpasar. Tahun ini lebih buruk. Ini penting untuk kerja lebih keras lagi terutama reformasi angkutan kota”, kata Bima seperti banyak dikutip banyak media.

Bisa jadi Bogor dalam kondisi tertekan. Bagaimana jika 2017, Waze kembali menempatkan Bogor di posisi yang sama? Mungkinkah Bogor bebas macet hanya dalam setahun? Mungkin ini kekhawatiran kita atau cara berpikir kita.

Tapi sepertinya tidak dengan Pemkot dan warga Bogor. Program reformasi angkot dan berbagai tahapan solusi akan terus dijalankan. Kota Bogor punya dua modal besar, yaitu kepemimpinan dan partisipasi. Kepemimpinan salah satu contohnya, keberanian menerapkan sistem satu arah di sekitar Kebun Raya Bogor, ini belum ada pemimpin sebelumnya yang beranimelakukannya.

Kedua adalah partisipasi. Sejak 2014 kota ini telah membangun karakternya lewat kampanye cinta Bogor #BogohKaBogor, dan hasilnya seperti dituliskan di atas Bogor diakui dunia sebagai kota paling dicintai warganya di dunia. Cinta ini melahirkan kerelawanan dan partisipasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini