News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cara Mudah Menurunkan Darah Tinggi

Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNERS - Cara menurunkan darah tinggi identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dokter, rumah sakit, dan tentunya obat.

Akan tetapi, Anda tak harus selalu mengunjungi rumah sakit demi menurunkan tekanan darah.

Anda juga tak melulu harus menjadwalkan pertemuan dengan dokter hanya demi mendapatkan resep obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Tekanan darah tinggi boleh saja menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, tetapi Anda bisa menurunkan tekanan darah Anda dengan beberapa cara yang mudah tanpa harus meninggalkan rumah sama sekali.

Perlu Anda ingat bahwa obat mungkin akan sangat membantu menurunkan tekanan darah, tetapi ada beberapa efek samping yang bisa disebabkan oleh konsumsi obat penurun tekanan darah tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempertimbangkan cara-cara berikut ini untuk menurunkan tekanan darah Anda. Berikut di antaranya :

Jalan Kaki

Memperbaiki gaya hidup merupakan salah satu cara paling alami yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan tekanan darah tinggi.

Gaya hidup sehat tentu tidak bisa dipisahkan dari aktivitas fisik. Dari berbagai aktivitas fisik yang bisa dilakukan, penderita tekanan darah tinggi bisa merasakan manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda tak harus membayangkan aktivitas fisik yang berat dan melelahkan karena olahraga sederhana seperti jalan kaki di jalur yang tidak mulus rupanya mampu menurunkan tekanan darah 6-8 mmHg. 

Napas Dalam

Anda bisa pula melakukan praktek pernapasan lambat dan meditasi seperti yoga dan tai chi untuk menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh.

Peningkatan hormon stres dalam tubuh meningkatkan enzim ginjal yang bernama renin sehingga tekanan darah pun mengalami peningkatan.

Agar produksi hormon stres bisa lebih terkontrol, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan meditasi atau pernapasan lambat paling tidak selama lima menit di pagi dan malam hari. 

Pintar Mengkonsumsi Garam

Mereka yang mempunyai sejarah hipertensi dalam keluarga seringkali mempunyai tekanan darah yang sensitif terhadap garam atau sodium.

Akan tetapi, tidak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan mengenai seseorang yang peka terhadap garam.

Oleh karena itu, semua orang sebaiknya mengurangi asupan garam. Mengurangi asupan sodium berarti Anda perlu berhati-hati ketika menambahkan garam dalam makanan.

Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi asupan garam dalam diet harian Anda. Anda perlu berhati-hati dengan kandungan garam di dalam makanan yang sudah diproses karena makanan tersebut sebenarnya merupakan sumber utama sodium dalam diet Anda. Untuk mengurangi garam, Anda bisa membumbui makanan dengan rempah-rempah, herbs, lemon, dan campuran bumbu tanpa garam.

Selengkapnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini