News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Magang di Tribun Solo, Guru SMK Belajar Susun Artikel Online

Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah guru SMK dari beberapa daerah di Indonesia mengikut kegiatan magang industri di Tribun Solo (PT Tribun Berita Online) sejak Senin (7/10/2024).

Oleh: A Alvin
Guru SMK Karya Bhakti Brebes
Peserta Magang Program Upskilling dan Reskiling Angkatan 5 Tahun 2024

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah guru SMK dari beberapa daerah di Indonesia mengikuti kegiatan magang industri sejak Senin (7/10/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pelatihan Upskilling dan Reskiling yang diadakan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Di antara tempat magang yang digandeng oleh penyelenggara adalah Tribun Solo (PT Tribun Berita Online).

Lima guru yang magang di Tribun Solo mendapatkan materi yang berhubungan dengan media online dan informasi. 

Salah satu materi yang dipelajari oleh guru magang di Tribun Solo pada Selasa (8/10/2024) hari ini adalah menyusun artikel online.

Salah satu pemateri, Suut Amdani menyebutkan, sejak produksi dan penggunaan media cetak semakin menurun, sebagian pengguna mulai beralih ke media online. 

Ia juga menyampaikan, ada sejumlah hal yang berbeda dari berita online dengan berita cetak.

"Berita online mengutamakan kecepatan dan aksesibilitas. Agar lebih menarik, seringkali dilengkapi dengan elemen multimedia seperti gambar, video, dan grafik interaktif," kata dia.

Suut Amdani menambahkan, dalam penulisan berita perlu mengetahui karakter berita online. Karakter berita online yang disebutkan antara lain singkat, padat dan jelas, menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, serta berfokus pada informasi terkini (real-time).

Seorang guru SMKN 1 Kota Bogor, Adinda Ayu Utami mengaku tertarik dengan materi yang diberikan. Terlebih materi tersebut dapat diaplikasikan pada penulisan dalam blog milik sekolah.

"Dengan adanya materi ini, saya lebih memahami dan tertarik dalam dunia penulisan. Kemudian saya bertemu dengan pembicara yang sangat bagus dan menarik. Semoga saya bisa menyampaikan materi kepada peserta didik di SMKN 1 Kota Bogor," kata dia. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini