News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

NEWSVIDEO: Bor Raksasa MRT Bakal Masuk di Kolong Patung Pemuda

Editor: Sapto Nugroho
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Reporter Tribunnews Video, Ahmad Sabran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta saat ini sedang menggali kolom atau lubang bawah tanah tepat di bawah bundaran patung Pemuda Membangun, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta, Muhammad Nasyir mengatakan, pembangunan kolom itu sudah dimulai sejak Januari lalu dan masih dalam tahap pelebaran hingga kini.

Nasyir menjelaskan, wilayah Senayan didahulukan karena di sana akan menjadi area transisi atau tempat untuk menaruh bor raksasa (tunnel boring machine/TBM ).

Menurutnya, alat pengeboran itu saat ini masih berada di Jepang, dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada akhir Mei nanti.

“Kalau tidak ada halangan, awal Agustus ini TBM bisa mulai dioperasikan. Kita masih lebarkan area di sini, dan ditargetkan pelebaran area transisi selesai Maret ini,” ujarnya di lokasi patung Pemuda, Kamis (26/2/2015).

Nasyir mengatakan, PT MRT juga sudah menyangga patung Pemuda yang sedang mengangkat obor tersebut. Sehingga patung tak akan roboh jika dilakukan penggalian di bawahnya.

“Patung ini patung bersejarah, dan kita tidak boleh memindahkannya, kita sudah topang sehingga tetap bisa dilakukan pekerjaan di bawahnya,” katanya.

Selain pengerjaan kolom stasiun, PT MRT saat ini juga masih menyelesaikan pekerjaan pembangunan dinding stasiun di beberapa tempat. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini