News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

NEWSVIDEO: 200 Ekor Burung Cucak Hijau Ini Berusaha Diselundupkan

Editor: Sapto Nugroho
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Reporter Tribunnews Video, Ahmad Zaimul Haq

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sebanyak 200 ekor burung cucak hijau berhasil diamankan Badan Karantina Pertanian (BKP) Surabaya dari Kapal Motor (KM) Satria Kencana, saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (11/11/2015).


Foto-foto: Ratusan burung cucak hijau dari Banjarmasin yang diamankan di Badan Karantina Pertanian (BKP) Surabaya, Rabu (11/11/2015). (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Kasi Pengawasan dan Penindakan BKP Surabaya, Hery Afiantoro menjelaskan, temuan itu didapatkan setelah BKP melakukan patroli operasi laut, yang bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Saat itu petugas melihat ada sebuah truk yang baru keluar dari KM Satria Kencana. "Waktu kami dan polisi masuk, pengemudi truk dan yang di dalam kapal sudah tidak ada. Justru kami menemukan kardus berukuran kecil," kata Hery saat jumpa pers.

Saat kardus dibuka, ternyata isinya adalah burung cucak hijau. "Jumlah burung yang diamankan itu ada 200 ekor. Tapi, yang 20 sudah mati," ujarnya.

Hery menduga, 200 burung yang diamankan itu juga tidak dilengkapi dokumen pengiriman. "Jika ada surat pengiriman, tidak mungkin ditinggalkan begitu saja," terangnya.

Setelah mengamankan 200 ekor burung cucak hijau, pihak BKP Surabaya melakukan koordinasi dengan BKSDA, agar nanti burung yang masih hidup dilepas kembali di alamnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini