News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Modal Rp 1 Juta, Sang Insinyur Ini Raup Omzet Rp 10 Juta dari Hasil Jual Bawang Goreng

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Odi Aria

SEMPAT mengalami masa sulit ketika baru memulai usaha, tidak membuat Tarzani Sihan patah arang mengejar cita-citanya menjadi seorang enterpreanuer muda.

Pria berusia 25 tahun ini mengakui sempat kelimpungan untuk mencari modal awal untuk menjalankan bisnisnya menjual bawang goreng bernama Gending Sriwijaya pedas di kota Palembang.

Bermodalkan uang sebesar Rp 1 juta, kini warga jalan Kemang Manis tersebut mampu meraup keuntungan Rp 10 juta per bulan.

Tarzani menceritakan, ide awalnya menjalan bisnis bawang goreng tersebut ketika melihat kakak perempuannya yang kesulitan menjalankan dagangannya.

Kesulitan yang di alami sang kakak, justru membuat ide kreatifnya muncul untuk menjadi industri rumah itu sebagai bisnis menjanjikan.

Berkat pemikiran cemerlang pria lulusan Teknik Sipil ini, bawang goreng yang semula biasa saja disulap menjadi bawang goreng pedas dengan kemasan menarik.

"Awalnya itu ya lihat kakak, saya pikir ini merupakan peluang bisnis sangat menjanjikan. Alhamdulilah sudah setahun berjalan, omzet yang bisa didapatkan Rp 10 juta per bulan," ujar pria yang akrab disapa Zani itu, ketika Sripo menyambangi kediamannya, Minggu (17/1/2015).

Diakuinya memang cukup sulit pertama kali untuk memasarkan "Bawang Gending Sriwijaya Pedas" tersebut kepasaran.

Melihat kemajuan teknologi, Zani akhirnya memutuskan menjajakan dagangannya melalui bisnis online dengan memasrakannya di berbagai sosial media.

Berbisnis via online tersebut pun membuahkan hasil. Terbukti sudah banyak orang yang memesan kudapan rumahan tersebut.

Bahkan, konsumennya tidak hanya dari seputaran Kota Pempek saja. Banyak pula pemesan dari pulau Jawa hingga Kalimantan.

"Harga cukup bersahabat. Satu toples hanya Rp 25 ribu, kalau reseler pastinya lebih murah. Kalau untuk urusan nama saya sengaja mengangkat ciri khas lokal. Dikarenakan saya ingin memperkenalkan Bumi Sriwijaya ke tingkat nasional bahkan dunia," tegas dia.

Perlahan tapi pasti usaha dari Alumnus Universitas Muhammadiyah Palembang itu memasuki pasar retail modern.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini