News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Panitia Haul Akbar Syech Muhammad Arsyad Al Banjari Siapkan 45 Ribu Nasi Bungkus

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Abdul Ghanie

TRIBUNNEWS.COM, MARTAPURA - Berbagai persiapan sudah dilakukan panitia guna menyambut gelaran Haul Akbar Syech Muhammad Arsyad Al Banjari ke-210, Minggu (10/7/2016) siang.

Berlokasi di kawasan Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, terlihat warga pun nampak sibuk meskipun sesekali bercanda gurau ketika mengerjakan masing-masing tugasnya.

Tak hanya para warga di Desa Dalam Pagar Ulu, melainkan persiapan menyambut gelaran Haul Datuk Kelampayan tersebut juga sudah terlihat di enam Desa lainnya.

Seperti yang nampak di kawasan Desa Teluk Selong, beberapa warga sudah terlihat sibuk memasak kilogram daging Minggu siang itu.

Adapun menurut Ketua Pelaksana Panitia Haul Syech Muhammad Arsyad Al Banjari, Ustadz H Ahmadi Hamid, mengatakan hal itu sudah menjadi tradisi bagi para warga di beberapa desa guna menyambut gelaran haul akbar Datuk Kelampayan.

Tak tanggung-tanggung, bahkan warga yang terlibat dalam gelaran Haul Akbar tersebut berkisar sebanyak enam desa.

Desa tersebut yakni terdiri dari Desa Dalam Pagar Ulu, Dalam Pagar Ilir, Akar Baru, Kampung Melayu, Kampung Keramat hingga Desa Teluk Selong sekalipun.

"Kebanyakan dari mereka memang lantaran kemauannya sendiri mas. Tentu dengan harapan mereka memohon berkah kepada Allah melalui acara ini, " terang pria yang mengaku juriat ke tujuh Datuk Kelampayan itu.

Masih ia, beberapa warga bahkan juga ada sudah bersedia menyediakan halaman dan bahkan kediamannya guna menampung kendaraan serta jemaah haul.

Terlebih mengingat kawasan lokasi haul Datuk Kelampayan yang nanti dilaksanakan di Mesjid Tugfatur Raghibin pun tak terbilang besar.

"Terutama bagi jemaah perempuan kami memang sudah menyediakan beberapa tempat seperti di kawasan Ponpes Syech Muhammad Arsyad Al Banjari dan Asrama Arsyadi Desa Dalam Pagar Ulu. Diperkirakan lokasi tersebut mampu menampung sekitar 2.000an jemaah perempuan. Selebihnya dapat di rumah kerabat, keluarga ataupun warga," terangnya.

Sementara, guna memberikan kenyamanan, kelancaran dan keamanan bagi jemaah Haul Datuk Kelampayan nanti, ia juga menhimbau agar pedagang tidak menggelar dagangannya di bahu jalan kawasan pelaksanaan haul nanti.

"Karena belajar dari Haul Akbar sebelumnya, kondisi jalan semakin sempit akibat banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan, " himbau Ketua Pelaksana Haul Datuk Kelampayan itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini