Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Mensos Dorong Percepatan Persiapan Fasilitas Asian Para Games 2018

Mensos pertama kali mengunjungi guiding block atau jalur pemandu yang berada tak jauh dari Pintu 6 GBK.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Mensos Dorong Percepatan Persiapan Fasilitas Asian Para Games 2018
tribunnews.com/abdul majid
Agus Gumiwang Kartasasmita saat mencoba busur di venue panahan, Senayan, Jakarta, Jumat (28/9/2018). Tribunnews/Abdul Majid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk melihat lokasi pertandingan dan fasilitasnya, memastikan kondisinya nyaman dan aman untuk atlet maupun penyandang disabilitas.

“APG adalah momentum merayakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Di venue tampak sudah disiapkan tambahan-tambahan fasilitas untuk mereka. Di antaranya ramp, toilet portable disabilitas, tribun penonton disabilitas,” katanya usai mengunjungi venue Panahan di Komplek Stadion GBK, Jumat, (28/9/2018).

Mensos pertama kali mengunjungi guiding block atau jalur pemandu yang berada tak jauh dari Pintu 6 GBK.

Diketahui Mensos adalah menteri dibawah koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Ia mengajak seorang penyandang disabilitas untuk berjalan bersama menyusuri jalur pemandu hingga masuk ke area stadion.

Sesekali ia membantu mengarahkan dan memberi panduan.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya Menteri mengunjungi Istora yang merupakan venue badminton.

Bersama Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari, Menteri Agus melihat ruang ganti atlet, toilet untuk penyandang disabilitas, dan melihat persiapan pemasangan area penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

 “Di sini juga ada Ketua Inapgoc, dimana masukan-masukan dari teman-teman penyandang disabilitas baik disabilitas netra, disabilitas daksa, disabilitas rungu wicara, akan menjadi masukan bagi Inapgoc untuk penyempuraan venue dan fasilitas,” katanya.

Usai meninjau venue badminton, Mensos bergeser ke venue Panahan.

Tiba di lokasi, ia meninjau ramp yang menghubungkan lantai dasar ke area tribun dilanjutkan memeriksa kelengkapan fasilitas di dalam toilet untuk penonton disabilitas.

“Toilet untuk penyandang disabilitas disediakan dengan menyesuaikan kapasitas penonton, jadi setiap venue tidak sama jumlahnya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga mengingatkan Ketua Umum INAPGOC untuk menempatkan helper dan volunter di setiap titik lokasi pertandingan, toilet untuk disabilitas, maupun di area GBK.

“Juga fasilitas ambulans dan tim medis di setiap venue dan kawasan GBK harus disiagakan,” katanya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas