Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BI Dukung Kehadiran Bank Kecil

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Hilman Tisnawan, mengatakan Bank Indonesia sangat mendukung kehadiran

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BI Dukung Kehadiran Bank Kecil
TRIBUN PONTIANAK/STEVEN GREATNESS
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pontianak, Hilman Tisnawan menggunting pita BPR Dana disaksikan jajaran komisaris dan direksi sebagai tanda beroperasinya BPR Dana, Selasa ( 7/5/2013). BPR Dana menargetkan aset bisa mencapai Rp 40 miliar di tahun pertama. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Hilman Tisnawan, mengatakan Bank Indonesia sangat mendukung kehadiran bank kecil seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) termasuk BPR Tamara Dana Khatulistiwa (BPR Dana) yang baru dibuka dan beroperasi sejak Selasa (7/5/2013). Karena segmen dari BPR adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Peranan UMKM itu sangat penting, lihat negara ASEAN kecuali Indonesia. Rata-rata peranan UMKM terhadap PDRB diatas 90 persen. Karena itu, kehadiran BPR merupakan salah satu institusi yang segmennya adalah UMKM.  BI sangat mendukung kehadiran bank kecil ini karena tidak meluluh pembiayaan bank besar,” ujarnya, Selasa (7/5/2013).

Menurut Hilman, BPR pasti tidak akan masuk ke ranah yang besar melainkan  yang kecil. Jadi peranannya penting bisa menggerakan pengusaaha usaha mikro dan kecil yang kreditnya mungkin hanya Rp 100 juta hingga terkecil Rp 1 juta untuk usaha mikronya.

Peluang BPR di  Kalbar masih sangat besar karena peranannya, seperti  lembaga-lembaga  non informal, non formal, dan informal masih banyak di Kalbar. Karena itu, diharapkan perananan  BPR Dana kepada masyarakat bisa lebih bagus lagi, dan menjadi motivasi  BPR lain untuk berbuat seperti BPR Dana, terutama gedung dan sistemnya yang bagus tidak kalah dengan bank umum .

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas