Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kenaikan Harga BBM dan Upah Buruh Sangat Membebani Pengusaha

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi mengungkapkan para pengusaha saat ini berusaha melanjutkan bisnisnya

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kenaikan Harga BBM dan Upah Buruh Sangat Membebani Pengusaha
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi mengungkapkan para pengusaha saat ini berusaha melanjutkan bisnisnya meski dibebani dua faktor, kenaikan Upah Minimum Provinsi dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Kami ini sudah memiliki beban luar biasa dari BBM bersubsidi naik hingga naiknya upah buruh," ujar Sofjan Wanandi, Senin (20/1/2014).

Karena hal tersebut, Sofjan meminta agar pemerintah berhati-hati dalam menaikkan tarif tenaga listrik (TTL) khusus untuk tarif industri. Sofjan berharap agar pemerintah menaikkan tarif listrik secara bertahap.

"Karena itu, keinginan kami agar TTL dinaikkan secara bertahap saja," ujar Sofjan.

Pemerintah telah menegaskan tak akan memberi subsidi listrik untuk golongan industri. Hal tersebut untuk mengurangi anggaran subsidi yang sangat besar.

Rencananya pemerintah akan menaikkan TTL golongan industri I3 sebesar 38 persen dan golongan industri I4 sebesar 64 persen. Dengan begitu, anggaran di dalam APBN bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur lainnya.

Sofjan menawarkan skema kenaikan TTL sektor industri golongan I3 dinaikkan sebesar 15 persen terlebih dahulu, sementara golongan I4 dimulai dengan 25 persen.

BERITA TERKAIT

"Dengan demikian pelaku usaha tidak shock dan memperhitungkan beban biaya tambahan atas penaikan TTL itu," jelas Sofjan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas