Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Siap Gelar 'Sail Raja Ampat 2014'

Setelah sukses dengan Sail Komodo 2013, kini pemerintah menggelar Sail Raja Ampat 2014

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Siap Gelar 'Sail Raja Ampat 2014'
KOMPAS.COM
Raja Ampat yang eksotis menarik minat turis mancanegara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sukses dengan Sail Komodo 2013, kini pemerintah menggelar Sail Raja Ampat 2014. Puncak acaranya akan dilaksanakan pada 21 Juni 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat, Papua Barat.

Sharif Cicip Sutardjo, Menteri Kelautan dan Perikanan,  mengatakan keindahan alam Raja Ampat yang masih eksotis serta panorama bawah laut yang menjadi salah satu ikon wisata menyelam dunia akan menjadi daya tarik bagi pelaksanaan festival ini.

"Kami harapkan keanekaragaman hayati lautnya memikat sedikitnya 3.000 orang dari berbagai negara untuk hadir dalam kegiatan Sail Raja Ampat 2014," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/3/2014).

Menurut Sharif, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat, Sail Raja Ampat 2014 merupakan event kelautan internasional tahunan yang memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktivitas lainnya yang berbasis kelautan dengan sektor pariwisata bahari.

Sejumlah Kementerian/Lembaga terlibat dan menyinergikan program sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan pariwisata bahari utamanya di wilayah Papua Barat.

Melalui pembangunan pariwisata bahari diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua Barat dan wilayah sekitarnya.

“Sail Raja Ampat 2014 merupakan event internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari. Event ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air menjadi destinasi utama wisata dunia. Keindahan alam dan panorama laut di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki sekitar 1.700 pulau, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia,” katanya.

BERITA TERKAIT

Penyelenggaraan event internasional Sail Raja Ampat 2014 dilakukan pemerintah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Kegiatan Sail juga menjadi model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Sail Raja Ampat  juga sangat efektif untuk mempromosikan wilayah Papua dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional.

“Kegiatan Sail Raja Ampat 2014 merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi wisata Raja Ampat sebagai kawasan konservasi perairan dalam rangka mengembangkan ekonomi kelautan. Untuk itu tema Sail Raja Ampat ”Membangun Bahari, Menuju Raja Ampat ke Pentas Wisata Dunia,” jelasnya.

Sharif menambahkan, penyelenggaraan Sail Raja Ampat 2014 merupakan yang ke-6 kalinya sejak 2009. Event internasional ini dimulai dengan penyelenggaraan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi - Belitong 2011, Sail Morotai 2012 serta Sail Komodo 2013.

Seperti halnya kegiatan Sail sebelumnya, Sail Raja Ampat merupakan event internasional tahunan yang diikuti peserta dari berbagai negara. Selain Indonesia, negara lain yang akan terlibat adalah Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Philipina, AS, dan beberapa negara lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas