Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nasabah Tajir Minta Bunga Perbankan 2 Digit

Likuiditas perbankan yang belakangan ini mengetat, menjadikan posisi tawar nasabah tajir semakin tinggi

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Nasabah Tajir Minta Bunga Perbankan 2 Digit
Warta Kota/Nur Ichsan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Likuiditas perbankan yang belakangan ini mengetat, menjadikan posisi tawar nasabah tajir semakin tinggi.  Pasalnya, sebagai pemilik dana, di saat likuditas seperti ini, mereka dapat menempatkan dananya dimana pun yang diinginkan  selama "harganya" cocok.

Seperti yang diungkapkan Tony Prasetiantono. Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) ini mengatakan, di saat perbankan kesulitan mencari dana, menjadi peluang bagi nasabah yang memiliki dana besar untuk meminta bunga tinggi kepada bank.

"Ada nasabah mau menyimpan dana di bank, jika bunga simpanan mencapai 10%-12%," katanya, Senin (16/6). Tren tersebut menurut Tony sudah terjadi belakangan ini.

Namun sayangnya Tony tidak mengungkapkan sudah berapa besarkah tren perpindahan dana dari nasabah tajir ini di perbankan. Bagi perbankan yang tengah mengalami krisis likuditas, tentunya permintaan nasabah tersebut akan dipenuhi.

Hal itulah yang menutur Tony, bunga simpanan dikalangan perbankan mulai meninggi. Meski begitu kata dia, hal tersebut tidak diikuti oleh batasan bunga penjaminan simpanan oleh LPS. Dimana LPS rate saat ini masih di level 7,75%.

Tony bilang, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tidak dapat meningkatkan bunga penjaminan lebih tinggi lagi, karena LPS rate tidak dapat jauh dengan suku bunga acuan (BI rate). (Nina Dwiantika)

Tags:
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas