Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KPPU Kaji Pencabutan Kebijakan Pelarangan Jual Premium di SPBU Jalan Tol

KPPU saat ini masih mengkaji kebijakan BPH Migas terkait larangan penjualan BBM bersubsidi jenis premium di SPBU jalan tol.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in KPPU Kaji Pencabutan Kebijakan Pelarangan Jual Premium di SPBU Jalan Tol
Warta Kota/Alex Suban
Petugas SPBU menunggu mobil yang akan mengisi bensin di SPBU di rest area Kilometer 21, Tol Jagorawi, Cimanggis, Depok, Rabu (6/8/2014). Seiring penghapusan penjualan premium di SPBU jalan tol, pelanggan yang datang megisi BBM berkurang hingga separuh biasanya. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) saat ini masih mengkaji kebijakan BPH Migas terkait larangan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di SPBU jalan tol.

Direktur Pengkajian, Kebijakan, dan Advokasi KPPU, Taufik Ahmad mengatakan alasan pelarangan tersebut masih terus dikaji oleh KPPU, karena hal tersebut ada kecenderungan mendiskriminasi pengusaha SPBU di jalan tol dan di luar jalan tol.

"Kalau kebijakan ini tidak mencapai tujuan, dan memang mendiskriminasi pengusaha, kami sarankan BPH Migas mencabut kebijakan tersebut," kata Taufik di kantor KPPU, Jakarta Pusat, Senin (29/9/2014).

Menurut Taufik, kebijakan BPH Migas tersebut memang sebagai implementasi pembatasan konsumsi BBM subsidi. Dia pun menilai, dengan penghilangan premium di SPBU jalan tol, maka pengendara mobil menyiasatinya dengan mengisi BBM di luar jalan tol. "Itu kan engak sesuai tujuannya," katanya.

Tercatat, sejak 6 Agustus 2014, seluruh SPBU yang berlokasi di jalan tol tidak akan menjual premium bersubsidi, namun hanya menjual Pertamaz series. Sampai saat ini jumlah SPBU di jalan tol mencapai 29 unit. Dari jumlah tersebut, 27 unit SPBU ada di wilayah Marketing Operation Regional III (Jawa bagian Barat) dan 2 unit SPBU ada di wilayah Merketing Operation Regional V (Jawa Timur).

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas